Thursday, October 10, 2013

Opor Ayam Spesial


Untuk resep ini, saya yakin hampir semua sudah punya resep favorit masing2. Tapi yang ini adalah resep favorit di keluarga kecil kami. Setelah melalui berkali2 uji coba, menurut saya yang ini sudah pas banget rasanya. Cocok banget dengan lidah kami, sampai anak2 yang sampai saat ini masih anti dengan hidangan bersantan, mau makan dengan opor ini! Gak sia2 kan trial and errornya #emak nyengir lebar.

Yang pasti, ayamnya empuk dan lembut, kuahnya yumeeeeh abissssssssss. Wanginya jg bikin pingsan deh, apalagi proses bumbunya 2x, pertama disangrai dulu (proses ini aja sdh bikin bumbu2 jadi berbau khas), lalu ditumis. Aduhayyyy bgt deh pokoknya. Nah supaya mengurangi rasa eneg akibat makan opor terus menerus, saya tambahin 1 buah belimbing wuluh, mantap bgt. Gak usah khawatir, gak bikin kuah jadi asem kok, malah jadi enaaaak tenan. Oya kalo tidak ada belimbing wuluh bisa diganti dengan lime kok. 

Trus apa lagi sih istimewanya? Kebanyakan resep opor yang saya tau, ngga menggunakan terasi dan gula merah. Tp aseli, ini berpengaruh banget ke rasa lho (menurut saya :D )

Demikian resepnya ya :

12 potong ayam  (about 1,3 kg)
3-4 lembar daun jeruk
1 belimbing wuluh, potong2
2 sdt gula merah
2-2,5cm lengkuas, digeprek
500 ml santan kental
300-400 ml santan cair/air
2 lembar daun salam
3-4 sdm minyak goreng
garam
4 butir telur rebus (optional)

Sebagian di sangrai, lalu diblender : 
10 butir kemiri
10 butir bawang merah
5 bawang putih
2 buah cabe merah (optional)
2,5 cm jahe
1,5 sdt ketumbar (bisa juga pake yang bubuk)
1 tsp of jintan (bisa juga pake yg bubuk)
1/2 tsp lada
1 sdt terasi




Cara membuat :
1. Sangrai bawang merah, putih, cabe, kemiri, jahe dan terasi sampai wangi dan berubah warna sedikit. Blender dengan ditambah kemiri, jintan, lada.
2. Tuang minyak goreng, masukan blenderan bumbu ditambah lengkuas geprek, daun jeruk dan daun salam. Tumis hingga wangi. 
3. Masukkan potongan ayam, masak sampai berubah warna (ayam sudah tidak pink lagi). Tambahkan garam dan belimbing wuluh.
4. Masukkan santan, aduk2 terus menerus sampai mendidih. Kecilkan api, dimasak hingga ayam menjadi empuk dan air sudah berkurang sekitar 40-50 menit. Bila menggunakan telur rebus, masukkan. 
5. Hidangkan dengan bawang merah goreng.



ENGLISH VERSION 



OPOR AYAM / Chicken cooked with coconut milk

What so special about this opor ayam? I believe most of us must have our own favorite recipe of opor ayam. But the one that I made was from trial and error for so many times until I come out with this recipe. Some of the ingredients were roasted first, and then stir fry. I believe that's what makes it taste so good. 

This dish commonly serve during Lebaran celebration in many provinces in Indonesia, or any special occasions. Usually paired with beef rendang and sayur labu siam, the trio combination can caused craving for more and more and more.

So readers, here is the recipe : 

12 pcs of chicken (about 1,3 kgs)
3-4 kaffir lime leaves
1 belimbing wuluh, sliced
2-2,3cm galangal, smashed
2 tsp of palm sugar
500 ml coconut milk
300-400 ml thin coconut milk/water
2 bay leaves
3-4 tbsp of cooking oil
salt
4 eggs, hard boiled (optional)

Pan roasted and grind the following into spice paste :
10 candlenut
10 shallots
5 garlic
2 chilli (optional)
2,5 cm ginger
1,5 tsp corriander seed (you can use corriander powder as well)
1 tsp of cumin seed (you can use cumin powder as well)
1/2 tsp pepper
1 sdt shrimp paste


how to :
1. Pan roast/stir fry without oil, shallot, garlic, chilli, ginger, candlenut, shrimp paste until a little bit brown and fragrant. Process in a blender, add in the corriander seed, cumin seed, pepper until smooth
2. Heat the cooking oil, pour in the spice paste, add in the mashed galangal, kaffir lime leaves and bay leaves. Continue stirring until fragrant, about 2 minutes.
3. Add the chicken pieces and cook until it change color (no longer pink), add salt and sliced belimbing wuluh (you can use half of lime as a substitute of belimbing wuluh)
4. Pour in the coconut milk and the thin coconut milk/water, stirring continuously is required on this stage. After boiling, reduce the heat, cook until the liquid reducing and the chicken is tender about 40-50 minutes.
5. Serve with fried shallots


4 comments:

  1. aaiih....fotonya cakeep...jadi laper Mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Citra :) menu favorit keluarga kami nih :D

      Delete
  2. Replies
    1. waaah mba nisa udah bisa komen niiih, kok aku ke wordpress masih raiso ya?

      Delete