Sunday, July 15, 2018

Membuat Choco Cookies Milkshake Menggunakan Blender Panasonic MXV 310


Selamat malam,

Aku yakin semua udah mulai kembali ke aktifitas seperti biasa yaaa. Buat yang ngantor maksudnya, kalo buat aku sih everyday is holiday...hehehehehe. Apalagi anak-anak masih libur sampai pertengahan Juli nih, jadi masih terasa banget santainya. Walaupun sebenarnya tiap mereka libur, aku malah tambah ribet. Soalnya mereka kelaparan terus jadi harus sedia bermacam jenis cemilan supaya mereka gak rewel. 

Favorit anak2 mudah banget ditebak. Gak jauh-jauh dari bermacam jenis muffin, cake, dan cookies. Atau apapun yang mengandung coklat udah gak bakal bisa mereka tolak. Nah, aku punya resep andalan yg selalu jadi favorit anak-anakku nih, choco cookies milkshake! Campuran antara susu, biskuit coklat, dan susu kental manis coklat. Rasanya udah pasti enakkkk bangetsss. Kali ini aku bikinnya menggunakan blender baru dari Panasonic, yaitu Panasonic MXV 310. 

Kita ulas dikit tentang blender ini ya, kalo melihat penampilannya, aku suka banget karena bentuknya kliatan kokoh, gelasnya juga terbuat dari kaca jadi awet dan tahan gores. Warnanya yang dominan hitam ini cocok banget sama warna dapurku. Matching abis! Setelah kucoba untuk bikin milkshake, aku puas banget sama hasilnya yang lembut banget tekstur milkshake nya. Es batu juga luar biasa cepat hancurnya karena blade nya yg super tajam, yaitu ultimate power blade. Blender Panasonic MXV 310 ini juga bisa digunakan sebagai ice crusher, lho. Aku udah tes juga...bisa untuk membuat es serut yg sekarang lagi ngetrend itu. Buat ibu2 yang masih cari blender untuk menghaluskan makanan bayi juga oke banget nih.

Kelebihan lainnya, blender ini berkapasitas cukup besar, 2 liter! Cukup banget buat menyiapkan jus atau milkshake untuk sekeluarga. Multi mill Panasonic MXV 310 juga terbuat dari kaca. Jadi gak perlu khawatir lagi akan resiko baret2 akibat habis mem-blender kacang ataupun bumbu kering, ya. Blade nya jg sama kuatnya dengan yg blender. 

Blender Panasonic MXV 310 menggunakan teknologi Power Circulation by V & M Technology, dimana dinding sempit di bagian bawah gelas dipasangkan dengan bentuk asli rusuk, mengangkat bahan2 yang berputar untuk aliran adukan secara dinamis dan menyeluruh.

Untuk lebih jelasnya penggunaan blender ini, kita lihat video waktu aku pertama pakai blender Panasonic ini yuk! Disitu kliatan banget betapa cepatnya potongan es batu yg tidak rata (aku gak pake cetakan es batu) itu menjadi halus. Membersihkannya jg mudah banget, tinggal isi blender dengan air dan sedikit cairan pencuci piring, lalu pencet tombol putaran bertenaga dan blender langsung bersih hingga ke bagian yg tersembunyi sekalipun.



Overall, aku puas banget dengan Blender Panasonic MXV 310 ini. Sangat reliable dan membantu kerepotanku di dapur. Akhir kata, stay healthy, stay creative, with love from my messy kitchen 💕

Saturday, June 23, 2018

Menu Sahur dan Berbuka Praktis Penuh Gizi dengan So Good

Assalamualaikum....met malam semua....

Sebelumnya, aku ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon maaf lahir dan batin ya, teman2 semua. Udah pada pulang dari mudik ya? Gimana, macet ngga? Tahun ini kami ngga mudik krn mamaku yang datang ke Jakarta...jadi gak tau kondisi jalanan seperti apa. Lagian juga kalo mudik dekeeeet banget ke Cipanas...jadi gak gitu terasa perjuangan macet2annya.

Berhubung baru aja Lebaran, dan bulan Ramadhan baru lewat, euphoria nya masih nempel banget di ingatan ya... Kalo bercerita mengenai bulan yang paling ditunggu2 oleh umat Islam ini, bakalan panjaaang kali lebar kali tinggi ceritanya. Karena setiap orang punya kenangan masing2 tentang bulan ini. Spesial banget pokoknya. Aku masih inget banget waktu kecil selalu super excited menghadapi bulan Ramadhan. Alasannya ya anak2 banget laah...pertama, tiap hari harus sahur dan berbuka. Buatku yg dulunya males makan, seneng karena harusnya makan sehari 3x, jadi 2x...bahagia banget, hihihhi. Itu cerita dulu...kalo sekarang malahan susah berenti makan  :D Yang kedua, tarawih di mesjid. Seruuuu karena berangkat bareng temen2 sambil ngobrol dan bercanda, dan solatnya sambil ribut senggol2an, bahaahhaha. Kalo inget masa2 itu malu bener rasanya, berisik dan mengganggu orang lain yg khusyuk ibadah. Tapi akibatnya, setelah sekarang punya anak jadi gak heran lagi kalo mereka pecicilan dan kliatan bosen pas lagi solat tarawih. Lah mamanya juga dulu biang ribut sih. Air cucuran atap banget kaaaan :D




Setelah menjadi seorang ibu, akupun makin memahami kenapa dulu mamaku selalu baweeeelll banget urusan menu untuk sahur dan berbuka keluarga. Karena jatah makan yg tadinya 3x menjadi 2x itulah, menu harus diatur supaya tetep mencukupi kebutuhan gizi harian. Jadi gak sembarangan masuk or asal kenyang aja yah....tau sendiri kan, kalo lagi puasa kita cenderung suka lapar mata! Apalagi banyak banget yg jualan berbagai jenis makanan untuk berbuka di sekitar kita. Sore keluar rumah niatnya cuman beli 2 gelas biji salak, tp yang dibawa pulang seplastik besar isi bermacam takjil. Emotional shopping memang begitu, belinya pas keadaan lapar, jadi semuanya diambil. 

Tak bisa dipungkiri, memang lumayan repotnya urusan pengolahan menu ini. Oleh sebab itu harus diatur sebaik mungkin dan menggunakan trik2. Yang amat penting, selain karbohidrat (berupa nasi, kentang, ubi, pasta, dll), sayuran dan protein hewani harus selalu ada di menu sahur dan berbuka di rumah kami. Ditambah jus ataupun potongan buah. Plus segelas susu juga buat sahur. Pokoknya panduanku tetep piring gizi seimbang. Kalo aku perhatikan, kebanyakan orang berbuka dengan bermacam makanan manis. Sedangkan kami terbiasa berbuka dengan minum teh manis hangat, lalu makan buah/jus atau cemilan. Atau malah kadang tehnya di skip, langsung ke air putih dan buah. Cemilannya pun hanya minggu pertama sanggup makan manis2, aku sempat membuat muffin, kue cubit ataupun brownies. Tetapi ketika memasuki minggu kedua anak2 lebih tertarik yg gurih2. Kayaknya udah bosen plus giyung sama manis, apalagi kalo makannya sambil ngaca kan jadi kemanisan (buahahahahhaaha). Lagipula sudah ada teh hangat dan buah...asupan gula sudah cukup :D Dan kedua anakku makin super aktif tiap abis makan yg manis2, semacam sugar rush gitu kali yah. Jadi muter terus gak ada capeknya. Thus, sugar intake memang sengaja dibatasi.

Nah, mau tau tidak, gimana trik aku supaya gizi anak2 tetap terjaga selama bulan Ramadhan? Aku kasih contoh beberapa menu yg kubuat dengan menggunakan produk So Good, ya. Pada tau So Good kan? Rasanya merk ini sudah tak asing lagi di telinga dan mata kita, bermacam pilihan produk siap pakai seperti nugget, karage, chicken wings, sosis, pangsit udang, chicken katsu, sampai ayam potong yang semuanya terjamin dan diproses dengan higinis ini membantu banget prosesku menyiapkan menu sahur dan berbuka. Oh iya, satu info lagi, semua produk So Good sudah bersertifikat halal, amaaan gak pake deg2an nelennya. Silahkan cek ke website www.sogood.id untuk tau info lebih jelas mengenai produk2 dari So Good, ya!

Semua menu yg kubuat ini, amat cocok buat sahur dan berbuka, dimana buibu udah pasti maunya yg praktis tp gizinya seimbang. Plus semua ini dijamin gpl gpc loh (gak pake lama, gak pake capek). Rata2 lama pembuatan per menu less than 30 minutes! And more, aku buat beberapa kreasi dari bahan2 yang sebenernya itu lagi itu lagi. Bahan2 yang kupakai ini amat sangat mudah didapat..Menurutku, menu selama Ramadhan tidak perlu dibuat berlebih dan ribet2, apalagi kondisi perut kita berbeda selama berpuasa, makanan yang terlalu banyak rempah biasanya malah bikin perut bereaksi. Jadi prinsipku, menu harus KISSS = Keep It Simple, Safe and Superhealthy.


Aku punya nugget So Good yg bentuk donat dengan rasa keju. Ini favorittt bangetss nya anak2ku. Selain bentuknya yg lucu, imut dan nggemesin, rasanya juga enak! Nah karena anak2 suka banget pizza (siapa yang bisa nolak pizza coba?), aku buatin square mini pizza dengan topping nugget donat. Yang ini anak2 jg bisa banget bantuin buat lho! Anakku yg pertama hepi banget terlibat proses pembuatannya, adiknya saat itu lagi tidur jadi gak ikutan bikin, biasanya dia juga selalu bantuin kalo mamanya lagi uprek2 di dapur. Step by step pembuatannya bisa dilihat dibagian resep, bahan mudah didapat dan mudah pula buatnya. Menu ini cucok banget sebagai takjil berbuka puasa. Chicken Nugget Donat So Good berfungsi sebagai protein hewani, dough pizza sebagai karbohidrat, dan aku tambahkan potongan paprika dan saus tomat supaya lebih sehat. 







MINI PIZZA TOPPING SO GOOD CHICKEN NUGGET DONAT SAUS BARBEQUE

Bahan2:
6 buah Chicken Nugget Donuts So Good, goreng sebentar saja
Pizza dough siap pakai, potong kotak kira2 6x6cm
Paprika merah, kuning, hijau, diiris dadu kecil2
Bubuk oregano
Bubuk parsley
Saus barbeque siap pakai
Saus tomat/sambal siap pakai



Bahan saus keju:
1/2 cup susu uht plain
25gr keju cheddar
Garam, lada secukupnya
1 sdt unsalted butter
1 sdt tepung untuk mengentalkan (aku pake tepung mocaf)

Cara membuat saus keju :
Lelehkan butter di sauce pan, masukkan tepung, aduk2 hingga meresap dan matang. Tuang susu, beri lada dan sedikit garam, lalu masukkan keju yg diparut. Aduk2 hingga meletup dan mengental. Sisihkan.



Cara membuat Pizza:
Panasi oven di suhu 180 dercel, masukkan potongan pizza sekitar 5 menit. Keluarkan dari oven, lalu oles permukaannya dengan saus tomat/saus sambal. Letakkan So Good chicken nugget donat, beri taburan oregano dan parsley serta potongan paprika. Beri saus barbeque dan saus keju. Panggang lagi di oven sekitar 7 menit. Siap dinikmati.



Menu yang kedua ini favoritku dan suami, kadang dikala bosan sama nasi, kami mengolah kentang. Kali ini dibuat baked potato, yang membuat istimewa adalah penggunaan karage dari So Good untuk protein hewaninya, plus siraman saus keju homemade yang gurih dan enak. Yummmmmyyyy! Btw, kalo bikin kentang panggang, jangan dikupas kulitnya ya....kulit kentang banyak gizinya lho! Selain kalium, folat, zinc, kulit kentang juga mengandung zat besi. Cukup dicuci bersih saja kulitnya, lalu siap diolah (kalau aku membersihkan kentangnya menggunakan sikat dapur). 

KENTANG PANGGANG BROKOLI DENGAN SO GOOD KARAGE SAUS KEJU



bahan2:
2 buah kentang, cuci bersih, panggang di oven (suhu 200 dercel) dengan dibungkus dengan alumunium foil sekitar 40menit. 
So Good Chicken Karage
Brokoli rebus, secukupnya
Potongan paprika kuning dan merah
Saus keju (resep dan cara pembuatan sama seperti di atas)



Cara membuat :
Setelah kentang matang, potong bagian tengahnya memanjang dan melintang (jangan sampai putus) seperti pada foto. Taburi dengan brokoli, irisan paprika dan potongan Chicken Karage. Siram dengan saus keju, siap dinikmati.




Sayuran merupakan menu wajib di meja makan kami. Alhamdulillah, anak-anak lumayan suka sayuran. Bermacam tumisan udah biasa mereka nikmati, seperti tumis brokoli, kembang kol dan wortel ini yang juga merupakan favorit mereka. Kali ini kutambahkan sosis premium dari So Good. Anak2ku suka sosis premium So Good yang original ini, daging banget rasanya!

TUMIS SAYURAN DENGAN SO GOOD SOSIS PREMIUM



Bahan2:
2 buah So Good sosis premium, potong miring
1 bonggol brokoli
1 bonggol kembang kol
2 buah wortel
Irisan paprika
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih, parut dengan parutan keju
1 sdm butter
2 sdm saus teriyaki
Garam dan lada secukupnya
Kira2 100ml air

Cara membuat :
1. Potong2 brokoli dan kembang kol sesuai kuntumnya, rendam dengan air garam. Tiriskan lalu cuci bersih
2. Tumis bawang putih hingga harum dengan menggunakan butter hingga harum, masukkan irisan bawang bombay, tumis hingga bawang bombay layu. Masukkan sosis, aduk2 sesaat.
3. Masukkan wortel, beri air dan bumbu2. Lalu masukkan brokoli dan kembang kol. Tutup panci. Biarkan sampai sayuran matang kira-kira 2 menit
4. Masukkan irisan paprika, aduk2, matikan api. Siap dinikmati






Buat temennya tumis sayuran, aku buatin mini omelette, simpelnya mah bisa dibilang telur dadar yah, hahahhah. Supaya anak2 tertarik, aku buat pake cetakan martabak mini, dan atasnya dikasih topping potongan sosis. 

MINI OMELETTE TELUR DENGAN SO GOOD SOSIS PREMIUM

Bahan2:
4 butir telur
2 buah So Good Sosis Premium, iris miring
2 batang daun bawang,iris
2 sdm tepung tapioka/sagu
minyak goreng
potongan parika kuning dan merah
lada
garam
keju parut secukupnya



Cara membuat:
1. Kocok semua bahan (kecuali sosis) hingga merata, panaskan cetakan kue lumpur, beri minyak. Tuang 1 sendok sayur adonan telur, tunggu sampai setengah matang lalu taburi sosis. Tutup panci, masak hingga matang. siap dinikmati.

Dynamic duo lagi nyemilin mini pizza!

Naaah gimana? Gampang-gampang kaaan? Semoga menu2 ini bisa memberi inspirasi buat yang membaca. Tak perlu menu super ribet untuk membuat moment Ramadhan jadi lebih berkesan. Yang penting praktis, mudah dibuat, dan tetap penuh gizi. Akhir kata, stay healthy, stay creative, with love from my messy kitchen

Saturday, May 5, 2018

Ketoprak dan Tahu Telur Bumbu Skippy Peanut Butter



Di postingan sebelumnya, aku membuat 3 jenis hidangan pencuci mulut dengan menggunakan Skippy Peanut Butter. Mungkin sebagian yang baca pada bilang : "dessert pake Skippy mah gampaaang, emang cocoknya buat dessert" .





Hehehehe ada benernya juga, karena memang banyaakkkkk banget kreasi dessert yang bisa dihasilkan dengan menggunakan Skippy Peanut Butter. Tapi, kali ini aku menantang diri sendiri untuk membuat makanan dengan Skippy. Makan siang dan makan malam tepatnya. Dan untuk mempersempit lagi, bahannya harus sama antara 1 dengan yg lainnya. Tentu saja ini berhubungan dengan uang belanja yah buibu, hemat itu penting :D Liat foto di atas? Aku bisa membuat 2 jenis makanan yang berbeda dari bahan2 tersebut. Apa yahhh kira2, ada yang bisa nebak?




Pertama, untuk menu makan siang, aku buat Ketoprak Skippy. Hohohoho, pada tau ketoprak kaaan? Street food yang satu ini penggemarnya banyak. Selain karena rasanya yang enak, isinya juga cenderung mudah didapat. Lontong/ketupat, bihun, irisan ketimun, tauge yang diblansir, tahu goreng, daun bawang dan bawang goreng, cukup kaya gizi. Sekarang gak perlu nunggu abang ketoprak lewat untuk bisa menikmati sepiring ketoprak yang enak lho, buibu. Disitulah bahagianya aku karena ada Skippy Peanut Butter, gak perlu ribet goreng kacang dan memblender lagi, udah jadi bumbu ketoprak yang super creamy dan enakkkk. 

Kedua, untuk makan malam aku buat tahu telur bumbu Skippy. Bahannya tahu telur? Mirip banget sama ketoprak, hihihihih. Hanya ditambah telur dan minus bihun sama lontong ajah. Lagipula untuk makan malam gak perlu karbo yaaah, biar lebih langsing juga nih :D. Bumbu Skippy nya kubuat sekaligus untuk dua menu supaya tidak repot dua kali. Jadi begitu buibu, 1 bumbu Skippy bisa untuk 2 hidangan yang berbeda, bahkan lebih...kalau masih ada sisa, besoknya bisa dijadikan bumbu pecel atau gado-gado. Asik kaaan? Seriusan deh modalnya gak sampe 100k untuk dua jenis makanan ini.


Aku share resep bumbu Skippy nya ya :

10 sdm Skippy chunky 
6 siung bawang putih, goreng utuh sampai kekuningan
2 sdt gula merah
2 cabai merah kriting
4 buah cabai rawit merah (kalau suka pedas boleh ditambah sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara :
Uleg bawang putih, gula merah dan cabai sampai halus, masukkan Skippy chunky, uleg sesaat. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai teksturnya sesuai dengan selera., lalu beri garam. Aduk rata, cicipi rasa. Sisihkan.



KETOPRAK SKIPPY

Bahan2:
Lontong (aku bli di pasar)
Tauge secukupnya 
1 buah Ketimun, potong2
3 buah tahu, goreng, lalu potong2
Bihun secukupnya, rendam air panas, tiriskan
1 tangkai daun bawang, iris
Bawang goreng, secukupnya

Cara membuat:
Tata potongan lontong, bihun, toge dan ketimun di piring. Siram dengan bumbu Skippy, taburi daun bawang dan bawang merah goreng. Siap dinikmati. 



TAHU TELUR BUMBU SKIPPY

Bahan2:
4 butir telur
6 potong tahu, iris2 kecil
Toge yg diblansir, secukupnya
1 buah ketimun, potong2
1 tangkai daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:
1. Dengan menggunakan mangkok, kocok telur dengan garam dan lada. Lalu masukkan potongan tahu. Aduk2. 
2. Panasi minyak dengan api kecil di penggorengan (deep fried ya, kalo mau pake wajan datar juga boleh, tp nanti kurang kriyuk hasilnya), lalu dengan menggunakan sendok sayur besar, tuang sekitar 1-2 sendok sayur adonan. Biarkan sampai kecoklatan, balik. Ulangi sampai adonan tahu telur habis. Sisihkan
3.  Tata tahu telur di piring, beri tauge, irisan ketimun, dan tuang bumbu Skippy. Lalu taburi daun bawang iris dan bawang merah goreng. Siap dinikmati.



Gimana? Gampang banget kaaan, dapet dua hidangan dari bahan yg itu2 juga. Hematnya juga dua kali nih buibu, hemat uang belanja, dan juga hemat waktu persiapan makanan. Makanan sehat, enak dan bergizi bikinnya gak perlu super repot kok. Sampai ketemu lagi di resep berikutnya. Stay creative, stay healthy, with love from my messy kitchen. 

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.




3 Hidangan Pencuci Mulut Ala Kafe Dengan Skippy Peanut Butter

Brownie cup dan Es krim Skippy, yummmmyyyy!

Buatku, selain masalah pengaturan menu sehari2, urusan cemilan atau dessert juga 
lumayan bikin pusing. Apalagi kedua anak laki-laki ku suka banget ngemil. Tapi berhubung aku ibu2 yg concern banget sama urusan gizi buat anak2, suka gak rela ajah kalo cemilannya hasil beli di supermarket atau di tempat lain. Kan kita ngga tau apakah bahan2 yang dipakai aman, bagaimana higinitasnya, dan lain sebagainya. Sesekali aja gak apa2, tp gak boleh terlalu sering nyemil jajanan dari luar. Jadi, walopun sibuk banget ngurus ini itu, masih tetep menyempatkan diri juga untuk nguplek bikin cemilan. 



Nahhh, kali ini aku pengen cerita dikit tentang Skippy. Walaupun sekarang sudah ada Skippy yang coklat, aku tetep cinta banget sama Skippy yang Chunky Peanut Butter. Karena kebetulan aku suka baking, selai kacang Skippy ini salah satu bahan favoritku untuk diolah menjadi berbagai bentuk camilan. Di rumah kami hampir selalu ada stok Skippy Peanut Butter, seringnya sih yg chunky...menurut kami enak bangetsssssss apalagi ada chunks kacang2nya itu lho...yummmmmyyyy. Anakku yg kecil malah sering nyemilin Skippy begitu aja gak pake apa2. Tau2 satu jar udah hampir abis sama dia doang, hahahahhaha. Untung gak dicolek pake tangan terus langsung dijilat2 . Aku biarin aja, karena Skippy kaya nutrisi, termasuk omega 6, vitamin, mineral, dan juga merupakan sumber protein yang layak. Yang bikin hepi lagi, Skippy itu zero kolesterol lho. Makin cinta kaaan.




Ini beberapa jenis cemilan yg kubuat pake bahan2 yang ada di rumah, simpel2 kok. Walaupun simpel, tapi kliatannya kayak makanan kafe kan? Ge er banget yaaah, hihihihi. Namanya juga usaha. Beneran ini bahan2nya sederhana banget dan hampir selalu ada di lemari dapur rumahku. Percaya ngga, dengan bahan2 yang sama kayak di foto atas ini, aku bisa buat berbagai jenis cemilan, dan kujamin semuanya gampang! Anak2ku malah ikutan bantuin, walaupun cowok2 mereka seneng bantuin di dapur. Waktu awal2 dulu sih mereka banyakkan bikin berantakannya daripada bantuin, hahahaah. Tp sekarang udah jauuuh lebih teratur, pun berantakan, aku rela karena mereka jadi belajar...abis bikin berantakan terus mereka harus bantu beresin :D. Dan bonusnya lagi mereka menikmati banget makanan yang mereka buat. Jadi gak hanya tinggal makan aja, mereka menjalani proses pembuatannya juga. 

Urusan cemilan, anak2 itu apa2 aja yg ada coklatnya udah pasti mau. Apalagi dikasih Skippy, keduanya saling melengkapi. Coklat yang manis dengan Skippy yang gurih, juara banget deh perpaduannya! Jadi rasa yg dihasilkan seimbang, gak manisss banget...tp ada sentuhan gurih yang gak bikin eneg. So, this is how I enjoy my Skippy peanut butter!

Yang pertama aku bikin super-easy Skippy Ice cream. Hanya dengan beberapa bahan aja, kita udah bisa nikmati es krim rasa selai kacang yg juaraaaaaa banget! Justru karena ada Skippy nya, eskrim yang kubuat kali ini teksturnya jadi lebih chewy, persissss kayak gelato. Beneran enak banget, harus dicoba nih! Bikinnya juga super gampang.




SKIPPY ICE CREAM

Bahan2:
200 gr whippie cream bubuk
400 ml air dingin
125 gr Skippy (aku pake yg chunky, boleh jg pake yg creamy)
Lebih kurang 80-100 ml susu kental manis 
Chocolate chips, secukupnya

Cara membuat :
1. Dengan menggunakan mangkok besar, tuang bubuk whippie dan masukkan air dingin. 
2. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku, masukkan Skippy peanut butter dan susu kental manis. Mixer lagi sampai rata
3.  Masukan chocolate chips, aduk dengan spatula. Tuang ke wadah, bekukan.


Lalu, kebetulan anak yg gede saat ini lagi UN, dan minta dibuatin brownies. Kupikir kali ini sekalian aja browniesnya dikasih Skippy dan dibuat versi cup supaya gak perlu dipotong2. Dan jadinya cocok banget kan brownie cup isi Skippy ini dinikmati bareng Eskrim Skippy. Double laffffff . Sekalian aku buat video nya juga nih, jadi buat yang belom pernah bikin brownies, liat resep jg masih tetap bingung, boleh diliat caranya yaaa, semoga membantu. Karena brownies yg permukaannya mengkilap dan cracking itu ada tehniknya. Nanti dibaca baik2 resepnya ya.





Brownies kali ini aku buat menggunakan tepung gluten free, karena memang keluarga kami saat ini lagi mengurangi konsumsi gluten, demi kesehatan paripurna :D . Tekstur tepung gluten free yg kali ini kupilih, yaitu tepung mocaf, lebih chewy daripada tepung terigu. Kalo misalnya gak punya tepung mocaf, atau tidak sedang mengurangi konsumsi terigu, monggo aja tepung mocaf nya diganti dengan terigu protein sedang, ditambah kira2 10 gram dari takaran tepung mocaf. 


BROWNIE CUP WITH SKIPPY FILLING

Bahan2:
65gr tepung mocaf
150 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
100 gr unsalted butter, suhu ruang
175 gr gulpas halus (gula pasir yg diblender sebentar)
25 gr coklat bubuk
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdt pasta vanilla

Cara membuat:
1. Lelehakan dark cooking chocolate dan butter (aku menggunakan microwave di pilihan defrost). Setelah meleleh, aduk hingga rata dan sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai gula benar2 larut. Bisa menggunakan balloon whisker (seperti yang di video) atau mixer dengan kecepatan rendah selama lebih kurang 5 menit. Penting sekali untuk membuat gula larut, karena shiny crust di permukaan brownie adalah efek dari pengocokkan ini.
3. Masukkan lelehan coklat, butter, dan pasta vanilla. Aduk hingga merata. Campurkan tepung, coklat bubuk, garam dan baking powder. Lalu masukkan ke adonan cair sambil diayak. Aduk asal rata. Kalau menggunakan terigu, jangan terlalu lama mengaduk krn nanti jadi bantat dan alot brownienya. 




Udah ada eskrim dan brownie, cocok banget kan kalo ditambah hot chocolate. Dan lagi2 aku pake bahan yang itu-itu juga. Heheheh. Bahan yg sama masih bisa dibikin bermacam kreasi lho, tinggal kita pinter2 aja puter otak supaya menghasilkan berbagai jenis makanan dari bahan yang ada. Kalo biasanya bikin hot chocolate bahan dasarnya coklat, kali ini aku tambahkan Skippy. Jadi rasanya nyoklat plus ada hints rasa nutty nya. Kalo gak inget ada anak2 yang nungguin pengen minum, pengennya kuhabisin sendiri hot choco nya. Cobain yah, sungguhan enak banget ini, gak bohong :D

SKIPPY HOT CHOCO

Bahan2:
100 gr dark cooking chocolate
2 sdm coklat bubuk
500 ml susu plain
4 sdm gula pasir
2 sdm skippy

Pelengkap : 
Marshmallow
Saus coklat
Saus kacang : Skippy creamy yang dicairkan dengan air panas secukupnya.

Cara membuat:
1.  Di panci, letakkan potongan coklat dan lelehkan dengan api kecil sambil diaduk2. 
2.  Setelah hampir semua meleleh, masukkan susu, gula, bubuk coklat dan saus coklat. Aduk2 sampai semua bahan larut.
3.  Matikan api ketika pinggiran panci mulai berbuih sedikit.
4. Tuang ke gelas, taburi dengan marshmallow, lalu beri saus coklat dan saus kacang. Siap dinikmati.


Gimana buibu? Cukup bikin cegluk ngga? Jangan cuman diliatin ya, dibikin yukkkk, semuanya resep simpel dan gampang. Yang bikin istimewa itu Skippy nya, dan tentu saja karena bikinnya pake cinta *tsaaaah*. Yang pasti, anak2ku suka semuanya. Bukan cuman anak2, aku juga nyobain semua dong, hahahaha. Cemilan sebanyak ini 2 hari juga udah lenyap, nanti kita pikirkan lagi mau bikin apa dengan sisa bahan yang ada. Stay creative, stay healthy, with love from my messy kitchen.

Untuk informasi lengkap mengenai produk Skippy, silahkan cek website dan media sosial nya :


http://www.peanutbutter.id/

http://www.peanutbutter.com/



https://www.facebook.com/pg/SKIPPYIndonesia

https://www.instagram.com/skippybrand

https://twitter.com/skippy

https://id.pinterest.com/skippybrand/



Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.