Wednesday, December 5, 2018

Baking Seru dan Mudah Dengan Duet Mixer dan Oven Cosmos



Selamat malam semuaaaa, cuaca masih mellow ngga di tempat kalian? Di Karawaci sebentar panas, sebentar mendung or hujan....tapi beberapa minggu terakhir ini tiap sore hujan, bikin baper banget....tiap sore kerjaan saya sama anak2 bolak balik buka lemari or kulkas, nyari cemilan, hihihihihi. Udah kayak gitu masih berharap bisa langsing, ironis banget kan :D

Buat teman-teman yang suka baca blog ini, atau teman ig, pasti pada tau kalau aku hobinya masak-masak, baking, dan foto2. Keliatan banget dari isi blog dan instagram yang makanan semuah, hahahaha. Padahal, once upon a time, aku clueless banget urusan dapur. Asli cuman bisa masak telur dan mi instan! Sebagian mungkin menebak, aku insaf ketika menikah...sayangnya tidak. Karena pas awal menikah, tinggalnya di rumah mertua, udah ada mbak yang masakin. Bahagia banget dooong!

Kenyataan hidup baru terasa setelah kami pindah rumah, jauh dari orang tua. Gak mungkin kan tiap hari beli makanan diluar? Selain masalah gizinya, kebersihannya juga tidak ada yg bisa menjamin. Belom lagi kantong yang jebol karena kebanyakan jajan. Akhirnya.....akupun terpaksa terjun ke dapur. Pake kata terpaksa karena memang saat itu beneran terpaksa dan gak ada pilihan lain. Ternyata oh ternyata.....setelah mulai masak ini itu, trial buat ini itu....kok aku enjoy banget! Lalu merambah mulai bikin cemilan anak semacam kukis, muffin, banana cake dll. Rasanya seperti menemukan "missing puzzle piece". Puassss banget! Kebetulan juga, kedua anakku pada doyan ngemil. Sebagai ibu yang selalu concern urusan gizi anak, aku memilih untuk ribet baking or masak, ketimbang beli di luaran. Namanya bikin sendiri, kita punya kontrol penuh akan bahan2 yg digunakan. Insya allah yang keluar dari dapur sendiri lebih terjamin kualitasnya.





Makin aku seneng masak dan baking, aku jadi hobi juga ngumpulin alat bantu tempur di dapur (it rhymes!). Apalagi aku ngga ada asisten, semua dikerjakan sendiri, jadiii sebisa mungkin peralatan yg ada harus menunjang supaya mempermudah proses. 




Nah, kebetulan banget kapan hari aku hadir ke acara Baking Class with Cosmos dengan tema Healthy Assorted Cake for Holiday Season. Baking Class diadakan di Sweet Troops Baking Studio milik Chef cantik Livianca Venaessa. Temanya pas bangettt karena dikit lagi anak2 liburan sekolah, harus siap2 stok cemilan segambreng nih. Dan kami peserta berkesempatan untuk nyobain Duet Baking Cosmos. Apa tuh? Penasaran kaaaaaan? Hihihiihih. Duet baking cosmos terdiri dari CosMic (Cosmos Mixer) dan Cosmoven (Cosmos Oven). Brand Cosmos sudah familiar banget buatku, sampe saat ini aku masih menggunakan beberapa produk Cosmos di dapurku. Suka banget karena menurutku Cosmos merupakan produk lokal yang berkualitas dan bisa diandalkan, awet dan juga inovatif. Bisa diliat dari desain Cosmic yang beda dari yg lain. Nah ini selalu kejadian di dapurku, punya hand mixer tapi entah dimana pengaduknya, suka frustasi kalo pas mau bikin cake tapi kelamaan nyariin pengaduk yang ngumpet melulu. Cosmic punya tempat untuk menyimpan pengaduk yg nempel dengan body mixernya. Solusi banget ini! Amat inovatif dan one of a kind. Salut untuk Cosmos. Mixernya juga amat irit listrik, hanya 200watt aja (penting banget nih buibu!), jadi gak perlu khawatir listriknya jegleg (bahasa apa ini, hihihi) pas lagi make mixer yah, hahahahaha. Cosmic juga ada thermostatnya untuk pelindung panas, disain sangat ergonomis jadi gak perlu matiin mixer kalo mau ganti kecepatannya. Level kecepatannya ada 5 lhoooo. Me loooveeee it.







Kami membuat Light and Moist Sponge Cake resep dari Chef Livianca yang hari itu didampingi mami cantik Ilma Rineta yang hobinya baking. Seneng banget karena resepnya tanpa menggunakan pengembang apapun. Aman buat anak2 😍. Kemarin kita mencoba langsung mixer Cosmos untuk mengocok putih telur. Telur yang dikocok dengan mixer Cosmos cepat sekali mengembang sempurna. Bisa diliat dari foto di bawah ini. Sedikit tips dari Chef Via, dalam pembuatan sponge cake, pengocokkan putih telur sampai kaku amat krusial, jangan sampe ada kuning telur yang nyampur ke putihnya, wadahnyapun harus bersih gak ada lemak menempel. Selain itu, adonan cake ini rada manja jadi gak boleh kelamaan nunggu ya. Begitu selesai diaduk, langsung dipanggang supaya dia mengembang sempurna. Apabila tips2 ini sudah dilakukan, cake dijamin sukses.




Lalu adonan dipanggang menggunakan Cosmoven CO-9926RCG yang berkapasitas 26 liter. Cukup besar dan ideal kalau digunakan untuk baking buat keluarga nih! Kemarin kami pakai temperaturnya di 200 dercel, api bawah. Matang dengan sempurna seperti yg kelihatan di foto. Menul menul menggemaskan sekali yahhhh. Daya listrik oven ini 400 watt, kalo atas bawah apinya dipake, jadi 800 watt. Oven Cosmos mempunyai 6 titik api, jadi matengnya dijamin merata. Selain itu, ada panggangan rottiserie pick, jadi kita bisa pake buat bikin roasted chicken or fish. Kereeeeeen. 






Balik lagi ke kue, setelah matang dan didinginkan, kue dibelah dua dan dihias sesuai dengan kreatifitas masing2. Bagus2 lho dekorasinya....Eh ngga nyangka aku menang lomba dekor kuenya, padahal aku merasa paling ngga bisa yang namanya hias-hias kue. Kalau di rumah, masih bisa cari-cari inspirasi dari oom Google, lah kemarin kan buru2, gak sempet juga lirik google, jadi bener2 sejadinya aja. Alhamdulillah hadiahnya ternyata Mixer Cosmic ! Horeeeeeeeeee! Bahagia banget karena koleksi Cosmos nya nambah, besok2 pengen re-create lagi resep Chef Via, dan buatnya pake mixer baruuuuuu. Sambil ngarep2 dapet oven baru juga sih *kode keras*.



Kesimpulannya, baking bareng Cosmos itu asik, seru, praktis, dan menyenangkan! Duet Baking Cosmos yaitu Cosmic dan Cosmoven benar-benar membantu kegiatan baking kami, dan hasilnya pun amat memuaskan. Terus berinovasi ya, Cosmos! Apabila teman-teman ada yang tertarik produk Cosmos, silahkan cek www.belanjacosmos.com . Akhir kata,  stay healthy, stay creative, with love from my messy kitchen 💕





No comments:

Post a Comment