Tuesday, December 10, 2019

Kunyit Asam Virgin Mojito



Kalau bicara tentang kunyit asam, yang pertama kuingat adalah masa kecil dulu dimana mamaku maksa aku untuk minum jamu. Hihihihi.....anak2 susah banget diminta minum jamu kan? Akupun begitu....varian jamu yang aku masih bisa minum (walaupun sambil bersungut2 karena terpaksa) itu adalah jamu beras kencur! Itupun, setelah minum setengah gelas jamu beras kencur, langsung nenggak 1 gelas air gula jawa dan jahe yg manis2 hangat itu. Jadi aslinya banyakkan minum air gula daripada jamu, ahahahahaha. 

Dulu, mamaku membuat jamu sendiri. Jamu kunyit asam dan beras kencur yg hampir selalu ada stoknya di kulkas. Kebayang kan ribetnya. Mulai dari mempersiapkan bahan2, kupas2, diparut dan dimasak. Biasanya jamu yg dibuat mamaku dimasukkan ke botol2 kaca bekas sirup jaman dulu, lalu didinginkan di kulkas. Nah, kalau mama lagi malas atau capek, biasanya beli jamu di mbak2 penjual jamu gendong langganan. Aku ingat banget peringatan mamaku, kalau mau beli jamu gendong, perhatikan jari-jari tangan penjualnya. Kalau kuning2 boleh lanjut beli. Ngerti kan maksudnya apa? Hehehe, kalau mbak penjual jamu membuat jamu sendiri, sudah pasti tangannya kuning2 karena membuat jamu kunyit asam kan bahan utamanya kunyit yang susah banget hilang bekas kuning-kuningnya itu :D


Dulu, aku ngga tau apa manfaat jamu secara mendetail. Karena mamaku bilangnya jamu baik untuk kesehatan. Tapi sebagai anak kecil yg ngeyel dan maunya yg enak2 aja, susah banget rasanya nelan minuman sehat dengan segudang manfaat ini. Kliatannya mamaku jg menyerah dan akhirnya gak maksa aku minum jamu lagi. 

Tetapi ketika aku beranjak remaja dan mulai mengalami nyeri ketika waktu menstruasi tiba, mamaku mulai meminta aku untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam, yang menurut mama, berkhasiat untuk mengurangi nyeri menstruasi. Pada saat itu, lidahku juga sudah mulai bisa menerima rasa unik dari jamu kunyit asam. Pertanyaannya adalah, apakah benar kalau kunyit asam bisa membantu meringankan nyeri di kala menstruasi? Kalau di aku, terasa sekali bedanya. Dulu aku seringkali harus bolos sekolah di hari pertama menstruasi, karena tak tahan dengan nyerinya. Kebayang kan tiap bulan harus ijin tidak masuk sekolah 1-2 hari karena nyeri? Ketinggalan pelajaran deh.....jadi biasanya setiap sebelum menstruasi sampai selesai, mama menyiapkan kunyit asam untukku supaya sekolah dan kegiatanku yang lain tidak terganggu. 




Sebenernya apa saja sih manfaat minum kunyit asam? Kalau hasil dari baca2 dan googling, kunyit merupakan bumbu dapur yg manfaatnya luar biasa banyak. Seperti membersihkan toksin/racun dalam tubuh, membantu program diet, mengurangi nyeri menstruasi, melancarkan menstruasi, menghilangkan bau badan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.  Sedangkan asam jawa dikenal kaya akan anti oksidan. Jadi ketika kedua bahan itu digabungkan, bisa kita bayangkan manfaatnya kan?



Nah kalau untukku pribadi, terus terang saja aku gak ada cukup waktu untuk membuat jamu kunyit asam sendiri. Sedangkan penjual jamu gendong saat ini udah mulai langka keberadaannya. Jadi, ketika suatu waktu di toserba dekat rumah aku liat ada minuman instan Kunyit Asam Herbadrink, langsung masuk ke keranjang belanja. Apalagi setelah liat di keterangannya kalau Kunyit Asam Herbadrink terbuat dari bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya. Bahagiaku tidak terkira, tinggal tuang isi kemasan, kasih air panas, aduk lalu siap dinikmati. Super praktis dan juga higinis! Ditambah lagi rasanya yang enak dan tidak ada endapan. Kadang aku minum dalam kondisi hangat, kadang juga aku kreasikan dengan memberi tambahan buah2an yang tersedia di rumah. Yang ini bisa juga dinikmati oleh anak-anak, lho. Mereka bahkan gak sadar kalau sedang minum kunyit asam! 


Kemarin aku membuat lemon dan strawberry virgin mojito dengan menggunakan minuman Kunyit Asam Herbadrink. Kalau mojito yg asli menggunakan rhum, nah...virgin mojito tidak menggunakan alkohol. Sebagai pengganti alkohol, biasanya menggunakan soda. Kali ini mojitonya tanpa soda dan alkohol ya. Cukup menggunakan Kunyit Asam Herbadrink aja supaya badan tetep fit di cuaca yang tidak menentu ini. Penggunaan  buah-buahannya juga bisa disesuaikan dengan selera masing2, bisa diganti dengan apel, anggur, mangga dll. 




KUNYIT ASAM VIRGIN MOJITO

Bahan yang diperlukan:
3 sachet Kunyit Asam Herbadrink
12 Buah strawberry, diiris sesuai selera
1 buah lemon iris tipis, buang bijinya
1 sdt selasih
2 sdm madu
Daun mint, secukupnya
Es batu


Cara membuat :
1. Larutkan bubuk Kunyit Asam Herbadrink dengan air hangat sesuai takaran. Aduk rata. Sisihkan
2. Larutkan 1 gelas air dengan 2 sdm madu, campurkan ke bahan 1
3. Masukkan strawberry, lemon iris, selasih dan daun mint. Aduk2 hingga rata, beri es batu. Siap dinikmati

Minuman ini enak bangetsss beneran. Seger, asam-manis dan bikin melek. Kunyit asam sendiri sudah full manfaat, ditambah buah2an makin okeh nilai gizinya. Bukan hanya urusan nyeri menstruasi saja yang hilang, tapi badan juga jadi segar, sehat dan bertenaga. Yuk dibuat!


Buat kamu yang ingin hidup sehat alami dengan Herbadrink, produk ini
sudah tersedia di berbagai supermarket dan e-commerce, yaitu Konimexstore.com, official store Konimex di Tokopedia dan Shopee. Stay healthy, temans!

3 comments: