Friday, January 18, 2013

Milo doggie cookies




Pas lagi blogwalking, ngeliat ada yg buat kukis dengan bentuk doggy ini, ya ampun lucunyaaaaa, kebayang anak2 pasti suka banget deh sama yg model gini. Apalagi bahannya simpel, bikinnya jg cukup gampang. Cuma harus bersabar aja, secara itu mesti nempelin meses yg imut2 satu persatu untuk matanya, wkwkkwkwk. Yg pasti kalo bikinnya banyak, dijamin siwer dan tangan pegel2. 

Suatu wiken, mas Bayu bgn kok pagi bener, sama kayak jam kalo dia mau sekolah. Sekalian aja ditarik ke dapur untuk bantuin bikin si kukis. Saya sengaja gak kasih tau bentuk doggy nya seperti apa, cuma ksh hint, meses untuk mata, choco chips untuk hidung dan koko crunch untuk telinga. Dasar anak2, yg dibuat sama si mas unik dan kreatif banget :D dia bikin chinese doggy (krn matanya sipit), japanese doggy (matanya agak naik), sleeping doggy (without eyes, gak perlu katanya krn matanya merem jadi gak kliatan, wkwkwkwk) dan doggy yg rambut keriting, huwahahahahah. He is definately have a good time! walopun setelah bbrp kukis jadi, dia nyerah krn pegel katanya. That's ok, now he knew the process, itu yg penting. 


memang bikin kukis ini perlu sabar dan telaten yg ekstra deh, wajar juga kalo anak 6thn menyerah setelah 7 kukis, LOL. In the end, its too bad that Bayu didn't like it :( Anak ini mmg punya selera yg aneh terhadap makanan. Dia suka milo, walaupun jarang2 minumnya, krn manis. Tp kalo dibikin kukis, ternyata gak suka. Akhirnya saya, hubby dan si adek, kuenyaang deh, hahahahah. Overall, rasanya enak, crunchy dan teksturnya kokoh, gak mudah hancur. Kalo kukis ini lbh baik ngga overbake deh, saya kemarin pas buat mmg sengaja di overbake. Krn tau bayu gak mau, sedangkan saya suka kukis yg ada bau gosongnya dikit, hihihihihi. Ngga nyangka juga si adek doyan :D 

resep aslinya saya dapat dari sini, penggunaan horlicks, saya ganti milo. Pemilik blog yg saya contek resepnya membuat kukis ini thn 2007, boy i'm so left behind....*sigh* 

Ini resepnya yg sudah saya translate

Horlicks doggies cookies

180g butter, didiamkan sampe adem (saya pake unsalted butter 90gr dan margarine 90gr)
80g Horlicks (original flavour) = saya pake milo
200g terigu kukis (kunci biru)
25g maizena
25g susu bubuk
chocolate chips secukupnya
meses secukupnya
koko krunch secukupnya
saya ditambah gula halus 1 sdm

cara :
  1. Panasi oven 140 dercel
  2. campur terigu, maizena, susu bubuk
  3. campur milo dan butter dengan mixer kecepatan rendah 3mnt sampai lembut. Jgn overmix
  4. masukkan adonan tepung, mix sampai rata
  5. adonan dibulat2in dan diberi meses, koko krunch dan choco chips, hingga menyerupai doggy
  6. Panggang sekitar 25-30 mnt
gampang kan caranya? yuk dibuat :D



No comments:

Post a Comment