Sunday, January 13, 2013

kukis ubi ungu

Beneran deh ya, ini another episode of ubi ungu, kl mau dibikin trilogy, udah lewat ;P apakah ini pertanda saya cukup kreatif? *ngarep. Tentu saja ngga, wong ini resepnya terinspirasi dari hhbf, hahahahhha. Sayangnya saya lupa asal muasal nya, siapa yg pertama buat kukis ini, krn jaraaaaaaaaaaaaaaaaang bgt buka grup di fb, riweuh euy, jarang fb-an. Fb saya mah penuh sama foto anak2, itu tujuannya untuk back up foto sekalian, hiyahahahhaah. *curcol

krn masih ada ubi ungu sktr 200 gr, sebagian saya kukus, yg satu lagi blom diapa2in (alamat ada episode kelima, neh). Abis dikukus, kepikiran juga sama kukis ubi ungu, inget2 ponakan yg di malang (Tissa) pernah kasih resep kukis ubi ungu ini, langsung ubek2 catetan, daaann ketemu :D Langsung melangkah ke dapur dengan hati riang. 


Resepnya saya ubah semau saya sendiri, hihihihi, soalny disesuaikan dgn bahan yg ada. 


Ini resepnya : 


1. Tepung gff (gluten free flour) 125gr

udah pada tau blom cara bikin tepung gff? gampang kok, cuman pake tepung beraas:tepung tapioka: tepung maizena, dengan perbandingan 6:3:1, jadi kalo mau gampang, pake sendok makan aja nyampur tepungnya. Or kalo mau disimpen biar tinggal pake lagi, pake 600gr tepung beras, 300gr tapioka, 100gr maizena. 
2. ubi kukus dilumat halus, 100gr
3. unsalted butter, 80gr
4. kuning telur, 1 butir

semua bahan diaduk rata, ditipiskan, cetak, oven sktr 30mnt. Pls note ya, setiap oven behave differently, jadi untuk pengecekkan diliat aja bagian bawah kue, kalo udah kecoklatan, means done. 


untuk anak diatas 1 tahun, boleh jg ditambah gula halus, kalo saya kmrn ditambah gula seujung sdt, dikiiit aja cukup wong ubinya muanisss :)





Lihat kukisnya, cantik yaaaaa, kayak yg buat *kabur, siap2 ditimpukin*

1 comment: