Wednesday, July 31, 2013

IDFB Challenge # 11 : Mie Belitung




Ini pertama kalinya saya pengen ikutan challenge idfb, padahal saya sudah jadi member cukup lama, mungkin ada sekitar 6 bulan ya. Kenapa saya pilih Mie Belitung? Karena mie2 jenis lain udah ada yg buat tuh, hahahhahah. Kan pengennya yang beda aja dikit gitu. Kalo mau nyerahin PR di last minute ya begini ini, pilihannya udah berkurang :D

Pertama saya tau mie Belitung, waktu kakak ipar saya pergi kesana, dan sebelum berangkat sempat meminta saya untuk melihat di buku travel (yang waktu saya pinjam) mengenai tempat makan dan objek wisata apa aja yg bisa dinikmati dan dilihat di Belitung. Jadi penasaran juga, kayak apa sih rasanya Mie Belitung. Setelah kakak ipar pulang, saya tanya2 tentang rasanya. Menurut beliau rasanya agak2 mirip mie ongklok, cuman ini versi udang. Belitung memang terkenal juga dengan hasil lautnya yang seger2 itu. Jadi bisa ditebak kalo mie khas daerah itu memiliki bahan utama hasil laut juga.

Karena mau ikutan challenge ini juga, saya jadi pasang mata lebar2 tiap pergi, kalau ada yg jual mie belitung, mau beli untuk nyoba rasa. hihihihihi, tetep gak pede walaupun sebenernya resep bisa didapat dengan cara browsing :D

Ternyata di deket tempat tinggal kami, ada jg yang jual mie Belitung, dan setelah tanya2 ternyata yang menjual-pun orang asli Belitung. Jadi rasanya cukup bisa dipertanggung jawabkan lah ya. Walaupun dia ngga mau buka kartu bumbu apa aja yg dimasukkan ke kuahnya, tp cukup lah untuk menerka2. Ditambah juga saya nemu resep dari blog-nya mba Julia Wingatini. Hanya saya sesuaikan sedikit aja karena menurut saya, yg saya coba di resto deket rumah-pun sudah mirip2. Makasih ya mba Julia, sudah share resepnya :)

Demikian resepnya ya :


BAHAN :
1 liter air
kurleb 3 sdm minyak, untuk menumis
250 gram udang kupas, cuci bersih 
3 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
5 sdm tepung maizena (saya pakai 6 sdm karena ditempat saya beli, kuahnya lebih kental)
Iarutkan dengan sedikit air
250 gram mi basah (saya beli di pasar)
1 buah ketimun
1 buah kentang, direbus, potong dadu
2 buah tahu, potong dadu lalu digoreng

taoge secukupnya, direbus sebentar  
1 lembar daun salam

BUMBU HALUS :
3 butir kemiri
1/2 ruas lengkuas
1/4 ruas jahe
merica sesuai selera
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
udang kupas, saya pakai hanya 4 ekor aja, saya kurangi dari yg 250gr itu
garam secukupnya


CARA MEMBUAT MI REBUS (BANGKA-BELITUNG) :
  1. Rebus air bersama kulit dan kepala udang  hingga wangi, sekitar 30menit. Saring.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak hingga harum.  Masukkan udang, tumis hingga berubah warna. 
  3. Tuang bumbu halus+udang tumis ke air kaldu udang. Didihkan. Masukkan daun salam (mba Julia gak pake, tp ditempat saya beli, kecium bau daun salam)
  4. Tambahkan kecap manis dan gula merah, masak hingga mendidih. Masukan larutan tepung maizena, aduk rata dan angkat.
  5. Susun dalam piring saji, mi, ketimun, kentang, tahu, dan taoge. Siramkan kuah di atasnya.
  6. Sajikan dengan emping goreng dan sambal

Overall, rasanya udang banget! buat penggemar seafood atau penggemar udang, ya pasti suka. Kalau buat suami saya, rasanya terlalu udang, hihihihiihih. Mungkin kalo buat lagi, saya gak masukin udang kupas ke bumbu halus deh. Supaya rasa udangnya lebih mild.

As for me, Im actually a lacto-ovo vegetarian (kerennya), hanya makan telur dan produk dairy, ngga makan ikan, daging, ayam dkk. Kenapa? Karena dari kecil saya gak doyan, wkwkwkwkwkwkwk. Jadi sebenernya bukan vegetarian yaaaa, krn bukan by choice, semata krn perut dan mulut saya yang menolak :D untungnya kalo kaldu ayam dan daging saya msh mau. Tp kaldu seafood? *feelingsick*

Selama ini saya masak yg ngga saya makan itu baik2 aja sih, suami saya yg kebalikan saya (
pemakan ayam, ikan, daging dll), juga so far menganggap masakan dedagingan saya sesuai dengan yang seharusnya dan masuk ekspektasinya :) Biasanya dia blg jujur kalo kurang suka, kayak mie ini, kurangnya ya itu, terlalu udang!  Gimana kalo saya masukin 100gr kayak mba Julia ya? hahahaha. Kembali ke urusan selera.

Oia, Mba Julia make telur rebus juga sebagai pelengkapnya, tp di tempat saya beli ngga ada. Tapi disitu ada semacam bakwan udang yang dipotong2 kecil. Berhubung stok udangnya jg dah gak ada ya saya gak pake.

akhirnyaaaaa bisa pasang logo ini untuk pertama kali *smile from ear to ear*



QUICK UPDATE!
Ternyata setelah bilang kalo mi ini enak, pada kesempatan kedua suami saya makan lagi dan bilang, "salaaaaah ternyata ini enakkkkk bangeeet" wkwkwkwkwkwkw

5 comments:

  1. Pake gula merah ya Mba...rasa udang pasti top! Makasi Mba:-)

    ReplyDelete
  2. iya mba Anne, thanks for stopping by ya :)

    ReplyDelete
  3. Mau dong, dibikinin juga... ;-)
    *ngecesss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihihihi, baru liat komen ini :D boleeeeh bawa ingredientsnya aja, nanti tak buatin :D

      Delete
  4. bikin ngiler nopodle sama sambal gula jawa. jawa modern bgt tuhh....

    ReplyDelete