Wednesday, July 3, 2013

Buttermilk banana bread



Beberapa waktu lalu saya dapet oleh2 pisang ambon lumut, pisang barangan dan ubi ungu dari Mama saya yg sekarang ini menetap di cipanas. Waduh bingung bin pusing, pisang sebanyak itu, kondisi matang rata pula. Mau diapain ya? Anak2 lagi pada bosen makan pisang. Saya? hihihihih plg banyak jg makan 2 buah aja sehari.

Akhirnya pisang 2 sisir teronggok begitu aja di meja makan. Gak abis2, dan berkurangnya juga gak banyak. Setelah lewat 3 hari, saya mulai panik. Hampir semua udah kematengan, gak enak untuk dimakan begitu aja. Jadi terpaksa harus turun ke dapur nih, padahal cape dan pegal2 sisa pindahan kemarin aja masih blom ilang. Maunya sih gak mikirin oven dulu barang 1-2minggu....apa daya. Daripada terbuang, dibikin banana bread aja yang gampang. Gak perlu ngeluarin mixer (yang entah dimana keberadaannya pasca pindahan) tinggal aduk2 dan jadi deh :D #dasar males

 

Resep banana bread bertaburan di google. Dan rasanya pengen semua saya icipin, hihihihihi. Saya sdh 4x buat banana bread dengan resep yg berbeda2, sayangnya yg tercatat dan terdokumentasi hanya 2 aja :( Dulu blom sadar blogging soalnya.

Nah skrg mari kita simak resep yg saya pakai ya...resep ini saya ubah dikit dari sumbernya, aslinya menggunakan sour cream, saya ganti jadi buttermilk ^^

Buttermilk banana bread
source : Mel's kitchen cafe

  • 1 cup gula (saya pake 2/3 cup aja)
  • 1/2 cup minyak
  • 2 butir telur
  • 1 cup pisang yg dilumat (saya dari 3,5 pisang)
  • 1/2 cup sour cream (**saya ganti dengan buttermilk)
  • 1 sdt vanilla => bisa di skip
  • 1 1/2 cup terigu all purpose
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
** cara pembuatan buttermilk : Masukkan susu ke cup takar, lalu beri 1 sdt air jeruk nipis. Aduk dan diamkan beberapa menit. Siap digunakan apabila sudah mengental dan pecah susunya
DIRECTIONS
  1. Panasi oven. Oles loyang loaf dengan butter (hanya bagian dasar saja), Lalu taburi sedikit terigu. Di wadah, campur gula dan minyak, aduk rata dengan balloon whisker. Tambahkan telur, pisang, buttermilk, vanilla, aduk rata.  Masukkan tepung yg sdh diaduk rata dengan garam dan baking soda. Aduk asal rata, gak perlu terlalu lama dan kuat ya, nanti banana bread nya keras dan tanganpun pegel :P Tuang adonan ke loyang loaf.
  2. Panggang di suhu sktr 180 dercel kira2 50-60. Lakukan tes tusuk. Dinginkan



Wahhh, memang semua banana bread itu enyaaak ya, si adek yg waktu saya bikin lagi bobsi. Bangun2 nyium harumnya langsung panik nyari2 di meja makan, hihihiihi. Langsung saya kasih sepotong, eh kok ngambek, rupanya dia mau yg gede sodara2! Yg 1 loaf! *tepok jidad tetangga*

Sorenya saya makan sambil minum2 teh dan duduk2 centil :D #apa seeeh. Minumnya nebeng teh earl grey favorit mas Bayu....serasa lagi ada di negara inglaish deh, hahahahah. 

Truuuus sisa adek makan loaf, masih ada sktr 6 slice agak tipis, sebagian dimakan hubby, sebagian saya cemil lagi pas santai2 sore keesokkan harinya. Kali itu saya oles dengan butter yg sudah dicampur dengan sedikit gula halus dan cinnamon....banana bread hangat dengan olesan melted butter aroma cinnamon+teh anget.....really make my afternoon. Alhamdulillah :)



4 comments:

  1. bun...keren neh resepny ide bagus...bun klo satu cup itu ukuranya sbrapa kira2 bun? thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai bun, kalo 1 cup untuk terigu = 130gr, sour cream/buttermilk sekitar 120ml, 1 cup gula = 240gr. Untuk jelasnya, bisa klik link ini bun, ada konversi yg lbh lengkap :) http://www.joyofbaking.com/IngredientSubstitution.html

      Terimakasih ya sudah mampir :)

      Delete
  2. iya bun ni daku loh wiwi...hehehe...mba telorny utuh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalaaah mba wiwi toh, iya mba, telornya utuh :)

      Delete