Saturday, July 13, 2013

Banana Bread with Dulce de Leche


Haiiiish, lg musim banana bread ini :P abis stok pisang bekunya blm abis juga sih, jadi kan harus dikaryakan. Plg seneng bikin muffin or banana bread, krn yummeeeh dan (penting banget nih) guampaaang bikinnya. Tinggal aduk2 doang, gak perlu mixer.

Kali ini saya pake resep Buttermilk Banana Bread yg blom lama saya buat, dengan gubahan dari saya. Pengen tau aja gimana jadinya kalo pemakaian terigu ditambah dan tanpa buttermilk, apakah masih se-moist yg kmrn? Silahkan menyimak resepnya. 





6 buah pisang ukuran sedang (=1 1/2 cup), dilumat
2 cup terigu
1/2 cup butter, dilelehkan (sebelumnya saya pakai minyak)
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
1 cup gula palm
2 butir telur
1/2 kaleng dulce de leche
almond, secukupnya
1 sdt bubuk kayumanis

how to :
-campur pisang lumat dengan palm sugar, melted butter dan bubuk kayumanis. Aduk rata. 
-masukan telur satu persatu sambil diaduk rata
-dalam wadah terpisah, campur tepung terigu, baking powder dan baking soda hingga rata
-Masukkan adonan basah (pisang dkk) ke adonan tepung, aduk balik, asal aja, jangan kelamaan dan terlalu rata, nanti jadi keras. 
-Tuang sebagian adonan ke loyang loaf, masukan dulce de leche dan diratakan sebisa mungkin, jangan sampe ke pinggir banget ya ngoles dulce-nya, nanti lengket. Tutup lagi dengan sisa adonan.
-panggang di oven yg sudah dipanasi terlebih dahulu, lalu dipanggang dengan suhu 180dercel sktr 40-50menit, tergantung oven masing2. Lakukan tes tusuk.





Ternyata walaupun tidak menggunakan buttermilk, banana bread ini aseli lembuuuuut banget. Dulce-nya jadi sweet surprise, pas gigit, belepotan deh krn dulce-nya mencair. Lekkkkkkeeer. Aromanya bener2 menjadi godaan iman buat saya yg saat bikin, lagi puasa. Paduan wangi pisang, palm sugar dan cinnamon, wow banget. So far, ini jadi banana bread favorit saya ^^

Yang ini hasil foto iseng2 saya, pake dibungkus segala, hihihihih




Nah kalo yang ini, tangan si kecil imut2 perusuh set dikala saya motret, Satria :D tangan kecilnya udah gak nahan pengen cumot2 banana bread ^^



















5 comments:

  1. lezis...bgt tuh...yah batal deh puasa q nih...hayo tanggung jawab bun... (*_*)
    bun jd ky roti bantet ya / browniies gt y bun....??? (wiwi)

    ReplyDelete
  2. Mba Liza bagi tips supaya banana breadnya mulus gitu donk mba, aku setiap baking pake loyang loaf pasti bagian atasany agak item alias gosong :(. makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sashy, aku blm pernah ngalamin sampe ada yg gosong ya, plg parah waktu itu pernah ada yg agak bantat di bagian bawah, kayaknya pas nyampur butter, kurang rata. Itu aja sih. Kalo bikin banana bread pake suhu brp mba? Aku pake otang yg ngga ada termometernya, pake api sedang aja (kurleb 180dercel). Kalo ketinggian suhunya bawahnya keiteman. Trus kalo bikin cake lain tp matang rata?

      Delete
  3. Cantik deh potonya....
    Lightingnya pake apa ni mba, klo boleh tau...?
    Potonya kincloooooong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Irma, makasih sudah mampir kesini ya ^^ untuk banana bread ini aku pake full natural light kok mba. Motretnya persis di depan pintu kawat nyamuk, hihihihi. Jadi terang :D cuman pake reflektor di sebelah kiri aja krn posisi sinarnya kena ke sini kanan object doang. Kecuali yg ada tangan anakku itu, yg itu motret di meja makan :)

      Delete