Monday, May 30, 2016

Lobo, The Ritz Carlton - Mega Kuningan




Apakah teman2 sudah sering mencoba makanan2 di hotel berbintang? Kalo saya sih belum. Saya rasa semua tau, hotel-hotel memang bersaing dalam banyak hal. Begitu juga dalam hal hidangan! Tentu saja hidangannya berbeda dari yg kita nikmati di rumah. Karena saya yakin seorang chef yang memang khusus belajar memasak, tidak sembarangan dalam menghasilkan satu jenis hidangan. Aturan2 dalam mengolah bahan baku jg pastinya sangat penting, demikian juga dengan proses memasak, dan penyajiannya yang ditata dengan secantik mungkin. Kadang sampe sayang mau makannya, karena cantik sekali penampilannya. Jadi mungkin sudah sewajarnya hargapun tidak murah dan tidak semua orang bisa menikmati hidangan2 ini. 

Jadiii, ketika saya dihubungi Open Rice untuk fine dining experience, tentu saja saya hepi. Hmmmm Ritz Carlton gitu loh. One of the most prestigious hotel in Indonesia.

  



Ketika sampai di Ritz Carlton, saya langsung menuju ke Lobo. Firts impression-nya, classy european style. Resto ini terletak di lobby The Ritz Carlton, mengusung contemporary fine dining yang lengkap dengan teras, bar and lounge, contemporary dining area dan juga dilengkapi dengan wine cellar yang lengkap koleksinya. Saya bisa bayangkan banyak eksekutif muda ataupun pebisnis bertemu disini untuk sekedar lunch, ataupun negosiasi bisnis. Lobo juga memiliki private room yg cukup luas untuk menampung meeting kantor. 



Acara dimulai dengan perkenalan dari Pak Adeza Hamzah, selaku Direktur Marketing Communication di Ritz Carlton. Pak Adeza adalah sesosok orang yang sangat mudah mencairkan suasana, very friendly and talkative. Kita ngobrol2 dengan santai dan banyak berdiskusi tentang makanan. Pembahasan yang amat menarik untuk saya. Waktupun tak terasa berlalu begitu cepat dengan percakapan-percakapan kami.




Nah, berhubung saya gak makan segala jenis daging, saya bahkan dapet menu khusus, semua serba aman versi saya. Hehehe, spesial banget ya, saya seneng sekali karena jadi tetep bisa menikmati menu ala carte nya.








Demikian menu-menu yang kami terhidang saat itu. Enjoy!


1. Complimentary Bread

European style bread, luarnya crunchy tp dalemnya soft. Gak perlu butter lagi sebenernya, tapi mengoles butter ke roti is not a crime, rite?




2. Amuse Bouche

Trio mini appetizer yang terdiri dari yogurt with nuts, vegetable soup, dan toast dengan hati ayam. 


3. Fried Mozzarella di Buffala (IDR 160K)

Yang ini menu khusus untuk saya, keju mozzarella yg digoreng dengan tepung panir, dilengkapi dengan asparagus foam dan romesco sauce. Sayang waktu saya makan, mozzarella udah dingin dan tekstur menjadi agak keras. 


4. Hokkaido Scallop (IDR 215K)

Scallop yg sangat segar ini disajikan dengan 2 cara, grilled dan raw. Dilengkapi dengan parmesan crumble, tumis pokchoy dan saus markisa segar. Something that will definately blow your mind away!



5. Creamy Soup of Wild Mushroom (IDR 150K)

One of the best mushroom cream soup that I have ever taste! Creamy tapi tidak bikin eneg, ditambah dengan basil oil yg membuat aromanya semakin menggiurkan, dan juga bits dari mushroomnya yg menimbulkan sensasi ketika dimakan. Well done, Lobo!



6. King Prawn Carpaccio (IDR 175K)

Menu ini amat terkenal dan disebut sebagai specialty-nya LOBO. King prawn dengan kaffir leaf oil, peanuts, sayuran segar, nanas, dan lime cilantro dressing. 


7. Foie Gras Tortellini (IDR 285K)

Foie Gras dengan homemade tortellini, disajikan dengan Porcini Cream Sauce dan Pecorino al Tartufo Cheese.

 8. Saffron Risotto  (IDR 215K)

Bumbu eksotis yang lagi naik daun ini dipake buat Risotto. Dan rasanya...WOW. Gigitan pertama saya berhenti beberapa saat, hanya untuk merasakan umami dari saffron yg melekat dengan indahnya. Joy to be hold! Selanjutnya saya makan dengan hening, gak mau merusak pengalaman makan kali ini. Loooove it!




9. Spinach Ravioli (IDR 265K)

OMG da bomb! Must try for cheese lover!! Homemade pasta yang lembut, dengan Idiazabal cream sauce yang ohhh so creamy dan terasa sekali kejunya, juga dilengkapi dengan capers, tepat sekali sebagai penyeimbang rasa. I fell in love. That's it. No more explanation.




And the last, yang paling ditunggu-tunggu....dessert! 


10. Live Painting

The most fascinating dessert-making I have ever seen! Kedua chef mempersiapkan dessert dengan cara yg amat unik, menggunakan bahan dari buah fresh, selai dan saus2, dan tentu saja yg paling membuat kagum adalah pembuatannya itu lhoooo....menggunakan liquid nitrogen. Dan memang dilukis di atas "kanvas", yaitu piring. Cara menikmatinya? Langsung aja makan apa yg pertama menarik perhatian mata. Sungguh pengalaman yang amat menarik dan berkesan.






Oh iya, tambahan info nih, mulai bulan Mei kemarin, The Ritz Carlton kedatangan seorang Chef de Cuisine baru yang berasal dari restoran Michelin Star di Bordeaux Perancis, yaitu Chef Jan Scwittalla. Saya yakin pasti akan semakin menarik untuk melihat apa yg ditawarkan oleh Lobo nantinya.  Hope to be there to witness it! 


LOBO

Address:
The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta
Kawasan Mega Kuningan
Jalan DR Ide Anak Agung Gde Agung no. 1, Jakarta – Indonesia
RSVP: +62.21.2551.8888
Opening hours:
Daily, 8am -1pm (breakfast & lunch)
 6pm – 10pm (dinner)

Website : http://www.ritzcarlton.com/en/hotels/indonesia/jakarta









1 comment: