Monday, July 24, 2017

Talam Labu Kuning



Selamat sore semuaaaaa,

Gimana nih? Udah puas liburannya kan? Atau masih pengen nambah libur? Hahahaha ngarep banget yaaa. Masih pada sibuk sama undangan halbil gak nih?Dikit lagi udah lewat bulan syawal tp masih sibuk aja sama halbil yahhhh. Rutinitas tahunan yg seruuu dan ngangenin itu memang bulan Ramadhan dan liburan Lebaran. 

Bulan Ramadhan penuuuh dengan jadwal buka bersama. Sedangkan kalo abis Lebaran, penuhnya sama jadwal silaturahmi keluarga dan halbil. Kebayang kan kalo pas kebagian ketempatan acara halbil, terus gak ada asisten pula...pusing mikirin berbagai persiapan yang biasanya perlu dipikirkan dari jauh2 hari, belum lagi urusan suguhan untuk tamu. 

Waktu aku masih tinggal sama ortu, tiap ketempatan acara2 tertentu, mamaku masak semua sendiri. Kebayang gak sih, mulai cemilan, hidangan utama, dessert kayak pudding dkk gitu, es buah, buah2an potong juga disiapin sendiri. Kami sebagai anak2nya tentu aja kebagian ikut repot. Mulai dari masak-masak sampe beberes rumah pasca acara. Pyuuuhhhh......
Yang gak mau repot sama kegiatan persiapan kayak gini, bisa pesen di Catering Jakarta.


JASA CATERING JAKARTA
Mobile: 081291220070
Phone:  02122855368


Nah, semenjak udah tinggal di rumah sendiri, tiap ketempatan acara halbil ataupun arisan, kumpul2 teman dll, aku mengikuti jejak mama menyiapkan makanan sendiri untuk tamu. Seringnya sih menu simpel2 aja, aku suka bikin masakan daerah tertentu untuk disajikan. Misalnya gudeg beserta kelengkapannya, soto bandung komplit, soto ambengan, selad solo. Sebisa mungkin yang simpel dan mudah pengolahannya.

Aku suka banget menyajikan bermacam cemilan tradisional. Ini salah satu favoritku nih, kue talam! Bahannya murah, bikinnya mudah, rasanya yummmmmmmm. Aku kasih resepnya yaaaa....
Talamnya lembut, manisnya pas. Aku make resepnya Mba Ira Rodriguez. 



Ini kebeneran dapet kabocha nya kok kuning muda, jadinya talamnya kurang orens yah 😁

Bahan2 : 
200 gr labu kuning/kabocha/butternut, dikukus lalu dihancurkan
200 ml santan kental
50 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka
90 gr gula pasir
2 butir telur
½ sdt garam

Lapisan santan, aduk merata, saring bila diperlukan:
180ml santan kental
40 gr tepung beras
½ sdt garam

Cara:
1. Dengan menggunakan blender, campur santan, labu, telur, gula, tepung dan garam  hingga rata. Saring bila diperlukan. Biarkan beberapa saat sebelum dituang ke cetakan yg sudah dioles dengan minyak.
2. Tuang ke cetakan, kukus sekitar 10 menit. Lapisi tutup kukusan dengan serbet dapur supaya air tidak menetes ke permukaan kue. 
3. Buka tutup kukusan, tuang lapisan santan dan kukus lagi sekitar 10 menit. Dinginkan dan keluarkan dari cetakan. 


Walaupun bikinnya gampang, ini baru kue pembuka aja loooh, gimana dengan hidangan utama, penutup dkk?? Hahahaa bayanginnya udah capek duluan deh. 

Kalo pengen simpel, mendingan pesen aja hidangan untuk tamu ke pihak yang berpengalaman dalam hal ini. Coba deh cek www.jakartacatering.com , enak banget kita tinggal pilih2 menu, dan makanan tiba di tempat kita tanpa kita capek2, mantap kan? Catering Jakarta solusi untuk yang gak mau repot :)

1 comment:

  1. Aku belum pernah bikin talam sendiri,cantik banget talamnya

    ReplyDelete