Wednesday, July 5, 2017

Cosmos Blenz, Blender Pintar Multifungsi Dari Cosmos



Sebagai seorang Ibu, sudah pasti kita ingin selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal untuk keluarga. Bener gak sih? Aku yakin hampir semua pembaca yang ibu2 bakal setuju nih. Walaupun tugas Ibu gak bisa dibilang gampang, apalagi buat yang tanpa asisten seperti aku, semua harus dikerjakan sendiri. Bagi2 kerjaan juga sih sama suami dan anak2, tapi mostly tetap sendiri. Oleh sebab itu pemilihan alat2 pendukung pekerjaan rumah juga diseleksi ketat, ditimbang2 dulu keperluannya, diteliti lagi fungsinya, dan diliat apakah worth the price atau ngga. Soalnya penting banget untuk punya barang penunjang aktivitas dapur yang reliable dan long lasting. Secara alat tersebut bakal jadi sahabat dalam aktivitas sehari-hari. 


packagingnya compact dan bagian atas bisa ditenteng


Kalo urusan brand, menurut aku gak hanya brand dari luar yang menghasilkan alat2 reliable. Brand lokal juga ada yg ok lho! Ini salah satu brand lokal yg aku pake, Cosmos! Aku yakin banyak yang udah kenal Cosmos kan? Masih inget sama tagline "inget beras, inget cosmos". Naaah Cosmos ini pertama berdiri tahun 1976, pendirinya adalah Ir. Alam Surjaputra. Usianya aja udah lebih dari 40 tahun, sebuah tanda bahwa brand ini dipercaya oleh masyarakat. Line produk dari PT. Tricosmos juga luas lho, selain blender  ada setrika, kipas angin, kompor, bahkan sampe ke mesin cuci juga ada. Cosmos juga sudah memenangkan banyak award, yg terbaru adalah Top Brand Award untuk Famous Brand Kitchen Category pada tahun 2016 lalu.

karet suction di bagian dasar mesin, dan tempat nyimpen kabel biar gak berantakan

Kebetulan aku berkesempatan untuk mencoba produk terbaru dari Cosmos nih, namanya Blenz, blender pintar multifungsi dari Cosmos seri 802. Apa aja sih kelebihannya? Buanyaaaakkkkk! Kalo saya tiap mau beli produk, saya liat dulu teknisnya, bisa apa aja produk ini, teknologinya gimana, dan kelengkapannya apa. Lalu liat deh harganya. Blenz dari Cosmos ini, super wow banget kelengkapannya. Pertama, di goblet yg berkapasitas 1.2 liter yg biasa kita pake untuk bikin jus, itu ada strainernya. Jadi gak perlu khawatir sama ampas buah or sayurannya ya, ibu2. Dan buat yang suka bikin susu kedelai sendiri dirumah, ini jawaban dari doa2 kita ya :D. Lalu ada dry mill yang bisa buat menghancurkan kemiri, kayu manis, beras, bahkan biji kopi (horeeeee bisa buat kopiiii) dan wet mill yang bakal kepake banget nih tiap acara masak or bikin sambel. Satu lagi, Blenz ini sepaket dengan chopper! Ya ampun bahagia banget aku, soalnya ini kepake banget buat bikin bakso, pempek, somay dll. Selama 

Di bagian bawah mesin blender, ada karet penahan gerak. Jadiiii mesinnya gak bakal gerak or jalan2 ketika dipake, ditambah lagi di bagian bawahnya ada tempat untuk kabel. Kabelnya gak bakal awut2an berantakan lagi deh! 

Teknologinya juga canggih nih, menggunakan #BlenzTechnology dimana saat pemakaian mesinnya bisa berhenti sejenak setiap beberapa detik, lalu otomatis menyala lagi. Fungsinya tentu saja supaya apa yg kita haluskan rata dan cepat halusnya. Hal ini bisa diliat di video saat aku coba menggunakan Blenz untuk memblender biji kopi.



Sebagai penggemar kopi, aku penasaran banget untuk nyoba dry mill nya Blenz nih. Nah kali ini aku tes untuk menghancurkan biji kopi untuk bikin cold brew. Tau cold brew kan? Mumpung masih hitsss nih, bikin coldbrew sendiri di rumah yukkkk. Irit ketimbang beli coldbrew di kafe2 kaan. 




Meng-grind biji kopi dengan dry mill nya Blenz ini cepet banget loh, apalagi untuk pembuatan cold brew gak perlu tekstur kopi yg amat halus, kurang dari 30 detik saja udah cukup teksturnya. Aku mencari konsistensi tekstur yang seperti bread crumbs, sekitar 20 detik udah jadi. Begitu juga dengan membuat almond milk. Kebetulan dirumah masih ada sedikit almond, kepikiran bikin cold brew pake almond milk jadinya, sekalian nyobain bikin almond milk pake Blenz tentunya. 


Untuk pembuatan cold brew ini, aku pake caranya Jamie Oliver, perbandingannya 1 :8 antara kopi dan air. untuk gulanya, kebetulan aku buat vanilla simple syrup pake vanilla bean asli. Enakkk deh gabungan antara cold brew, almond milk dan sirup vanilla. Cobain ya, teman2!


Homemade Cold Brew 

100 gr coffee beans, aku pake biji kopi Arabika Gayo
800 gr air dingin
  1. Blender coffee beans dengan menggunakan drymill dengan kecepatan rendah, perhatikan teksturnya nya. Jangan sampe terlalu halus. Less than 30 second dengan Blenz sudah cukup kok. 
  2. Masukkan kopi yg sudah diblender ke wadah kaca. Tuang airnya, aduk sesaat. Masukkan ke kulkas dan diamkan 18-24 jam
  3. Saring dengan menggunakan saringan halus ( aku pake kain yang seratnya halusss). Ulangi proses apalagi terlihat masih ada bubuk kopi di cold brew. Hidangkan dengan almond milk, simple syrup, ataupun susu favorit masing2. 

Homemade Almond Milk

1 cup almond, direndam air matang semalaman
2 cup air

Aku menggunakan blender Blenz yang ada sarigannya, jadi almondnya ditaroh tengah2, kasih air, terus start deh. Aku cuma perlu saring sekali lagi aja supaya susunya gak ada endapan.

Untuk pembuatan almond milk, aku pake seadanya almond dirumah, aku rendam semalaman. Perbandingan air dan almondnya 1:2, kalo dirasa masih terlalu kental, tinggal tambah air aja sedikit2 sesuai dengan selera. Rasa almond milk ini tentu saja nutty, tidak tercium bau amis seperti susu sapi. 


Naaahhhh, ini pengalamanku dengan Blenz dari Cosmos. Yang tertarik coba juga, follow ig nya Cosmos ya, disitu ada info2 terbaru produk Cosmos dan ada resep-resep menarik juga lhoooo, ini ig nya : @cosmosonline. 

Kali ini aku buat cold brew dan almond milk, dan terbukti Cosmos Blenz oke bangetttt! Next time aku coba buat bikin yang lain2, stay tune and have a great day, all!


PT. Starcosmos

Website: www.starcosmos.com
Facebook Fanpage: Cosmos
Instagram: CosmosOnline
Twitter: @cosmosonline

No comments:

Post a Comment