Friday, January 13, 2017

Pad Thai dan Thai Milk Tea




Bulan September lalu, saya berkesempatan mengunjungi Thailand selama 3 hari untuk pesiar kuliner. Senengnya pake banget karena Thailand memang salah satu negri yang saya ingin kunjungi. Nah selama muter-muter kulineran, kami mencoba berbagai jenis makanan Thailand. Ada Som Tham, yaitu salad pepaya khas Thailand yang rasanya asem pedes seger, Tom Yum yang juga segar dan pedas dengan aroma rempah-rempah khas thailand seperti sereh, daun jeruk dan daun ketumbar.  Tom Yum sendiri memiliki banyak varian, ada Tom Yum Goong (dengan udang), Tom Yum Pla ( ikan), Tom Yum Thaley (campuran berbagai jenis seafood).

Waktu itu kami juga mencicipi Pad Thai, sayang sekali fotonya hilang. Sampai akhirnya saya buat sendiri Pad Thai versi saya di rumah. Pad Thai menggunakan mie yg terbuat dari beras, kalau di Indonesia biasanya diganti dengan kwei tiau. Hati2 dalam memilih kwei tiau ya, karena di pasaran beredar 2 jenis. Ada yg dicampur juga dengan sagu. Kalau yang saya beli ini menurut penjualnya terbuat dari beras asli, rasanya juga lebih enak. Pad Thai di Thailand dinikmati dengan sayuran yg mentah. Jadi ada taburan tauge, daun bawang dan ada jantung pisang. Setelah itu ditaburi kacang tanah sangrai yang ditumbuk dengan sedikit gula dan garam. Mau tau cara buatnya? Ini resep padthai ala saya, yang saya buat semirip mungkin dengan yang pernah saya makan di Bangkok.






Bahan2:
1 bungkus kwei tiau basah
2 siung bawang putih, cacah halus
2 butir telur
100gr udang
4 sdm minyak goreng
Daun bawang, iris panjang
2 genggam kacang tanah (tanpa kulit) sangrai, tumbuk dengan sedikit garam dan gula

Bahan saus, aduk rata
4 sdm kecap ikan
1 sdm kecap asin
3 sdm palm sugar (bubuk)
2 sdm air asam matang
Bubuk cabe (opsional)


Cara membuat :
1. Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang putih sampai harum kecoklatan.
2. Masukkan udang. Aduk hingga berubah warna. 
Pinggirkan udang, masukkan telur yang sudah dikocok. Aduk2 hingga matang. Masukkan kwei tiau, aduk-aduk lalu masukkan bahan saus. Aduk hingga rata
3. Tes rasa, apabila masih kurang asin bisa ditambahi garam. Masukkan potongan bawang daun. Aduk dan matikan api.
4. Sajikan dengan tauge, kacang tumbuk dan bubuk cabe.





Kalo yang ini andalan saya tiap ada tamu di rumah. Thai Milk Tea! Teh nya harus yg beli di Thailand ini nih, harumnya memang unik dan warnanya juga lebih pekat dan orens dibanding teh2 lainnya. Sebenernya ada versi instannya, tapi menurut saya lebih enak yang biasa saya beli ini. Membuatnya juga sangat mudah, tehnya diseduh air mendidih, dicampur dengan gula, lalu dituangin susu. Tinggal dikasih es dan jadi deh! Hampir semua teman2 dan keluarga yang mencoba suka banget milk tea ini. Kalo mau praktis, bisa juga menggunakan susu kental manis, jadi kamu gak perlu tambahan gula lagi. Daripada beli di mall kan, harganya lumayan mahal, mending bikin sendiri dirumah. Puas banget bisa minum bergelas-gelas, hehehhe.




Selain kedua menu ini, ketan mangga juga menjadi dessert Thai favorit saya, udah pernah juga upload foto dan resepnya di blog ini. Berikutnya saya mau buat Tom Yum Goong yang kalo bisa sih seenak yang saya pernah makan di Pe' Aor. Mesti trial and error dulu sampe sesuai harapan. Duh pokoknya kalo ngomongin kuliner Thailand, gak abis-abis deh, seru dan enak2! 

4 comments:

  1. mbak Liz, ada tuh teh hitam kyk gitu di malang sini, tapi harganya emg mahal utk ukuran teh :D tiap mau beli kok ragu krn harganya hihihi. ternyata enak bener ya? selama ini bikin thai tea pake teh hitam seduh biasa, ga nendang.
    btw itu pad thai nya melambai2 minta dicomot, waktu di thailand dulu, hampir tiap hari makan padthai, kalo ga padthai ya nasi instan yg tinggal dipanasin di gerai 7-11 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

    ReplyDelete