Friday, January 13, 2017

Pad Thai dan Thai Milk Tea




Bulan September lalu, saya berkesempatan mengunjungi Thailand selama 3 hari untuk pesiar kuliner. Senengnya pake banget karena Thailand memang salah satu negri yang saya ingin kunjungi. Nah selama muter-muter kulineran, kami mencoba berbagai jenis makanan Thailand. Ada Som Tham, yaitu salad pepaya khas Thailand yang rasanya asem pedes seger, Tom Yum yang juga segar dan pedas dengan aroma rempah-rempah khas thailand seperti sereh, daun jeruk dan daun ketumbar.  Tom Yum sendiri memiliki banyak varian, ada Tom Yum Goong (dengan udang), Tom Yum Pla ( ikan), Tom Yum Thaley (campuran berbagai jenis seafood).

Waktu itu kami juga mencicipi Pad Thai, sayang sekali fotonya hilang. Sampai akhirnya saya buat sendiri Pad Thai versi saya di rumah. Pad Thai menggunakan mie yg terbuat dari beras, kalau di Indonesia biasanya diganti dengan kwei tiau. Hati2 dalam memilih kwei tiau ya, karena di pasaran beredar 2 jenis. Ada yg dicampur juga dengan sagu. Kalau yang saya beli ini menurut penjualnya terbuat dari beras asli, rasanya juga lebih enak. Pad Thai di Thailand dinikmati dengan sayuran yg mentah. Jadi ada taburan tauge, daun bawang dan ada jantung pisang. Setelah itu ditaburi kacang tanah sangrai yang ditumbuk dengan sedikit gula dan garam. Mau tau cara buatnya? Ini resep padthai ala saya, yang saya buat semirip mungkin dengan yang pernah saya makan di Bangkok.






Bahan2:
1 bungkus kwei tiau basah
2 siung bawang putih, cacah halus
2 butir telur
100gr udang
4 sdm minyak goreng
Daun bawang, iris panjang
2 genggam kacang tanah (tanpa kulit) sangrai, tumbuk dengan sedikit garam dan gula

Bahan saus, aduk rata
4 sdm kecap ikan
1 sdm kecap asin
3 sdm palm sugar (bubuk)
2 sdm air asam matang
Bubuk cabe (opsional)


Cara membuat :
1. Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang putih sampai harum kecoklatan.
2. Masukkan udang. Aduk hingga berubah warna. 
Pinggirkan udang, masukkan telur yang sudah dikocok. Aduk2 hingga matang. Masukkan kwei tiau, aduk-aduk lalu masukkan bahan saus. Aduk hingga rata
3. Tes rasa, apabila masih kurang asin bisa ditambahi garam. Masukkan potongan bawang daun. Aduk dan matikan api.
4. Sajikan dengan tauge, kacang tumbuk dan bubuk cabe.





Kalo yang ini andalan saya tiap ada tamu di rumah. Thai Milk Tea! Teh nya harus yg beli di Thailand ini nih, harumnya memang unik dan warnanya juga lebih pekat dan orens dibanding teh2 lainnya. Sebenernya ada versi instannya, tapi menurut saya lebih enak yang biasa saya beli ini. Membuatnya juga sangat mudah, tehnya diseduh air mendidih, dicampur dengan gula, lalu dituangin susu. Tinggal dikasih es dan jadi deh! Hampir semua teman2 dan keluarga yang mencoba suka banget milk tea ini. Kalo mau praktis, bisa juga menggunakan susu kental manis, jadi kamu gak perlu tambahan gula lagi. Daripada beli di mall kan, harganya lumayan mahal, mending bikin sendiri dirumah. Puas banget bisa minum bergelas-gelas, hehehhe.




Selain kedua menu ini, ketan mangga juga menjadi dessert Thai favorit saya, udah pernah juga upload foto dan resepnya di blog ini. Berikutnya saya mau buat Tom Yum Goong yang kalo bisa sih seenak yang saya pernah makan di Pe' Aor. Mesti trial and error dulu sampe sesuai harapan. Duh pokoknya kalo ngomongin kuliner Thailand, gak abis-abis deh, seru dan enak2! 

4 comments:

  1. mbak Liz, ada tuh teh hitam kyk gitu di malang sini, tapi harganya emg mahal utk ukuran teh :D tiap mau beli kok ragu krn harganya hihihi. ternyata enak bener ya? selama ini bikin thai tea pake teh hitam seduh biasa, ga nendang.
    btw itu pad thai nya melambai2 minta dicomot, waktu di thailand dulu, hampir tiap hari makan padthai, kalo ga padthai ya nasi instan yg tinggal dipanasin di gerai 7-11 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete