Friday, January 13, 2017

6 Kuliner Thailand Yang Harus Dicoba di Bangkok

Sawasdee 🙏🏼

Kalau kita berbicara tentang Thailand, apa sih yang pertama kita ingat? Kalau saya buat list, yang pertama adalah gajah, entah kenapa yang saya ingat pertama adalah gajah, mungkin ingatan masa kecil saat mempelajari tentang negara ASEAN, Thailand adalah negara gajah putih :D. Kedua adalah alamnya yang indah dengan pantai-pantai yang kabarnya mempesona. Saya belum pernah ke pantai-pantai di Thailand, jadi hanya melihat dan bisa berkatacantik dari foto-foto yang beredar di internet saja. Yang ketiga adalah seafood. Naaah karena saya seorang foodblogger, susah banget buat saya untuk tidak melirik makanannya. Setiap tempat baru yang dikunjungi harus saya eksplor kulinernya, selain pariwisatanya tentunya. Thailand terkenal juga dengan keberagaman hidangan laut yang segar. Banyak menu masakan Thailand yg menggunakan seafood sebagai bahan utama.

Pada kunjungan saya ke Thailand bulan September yang lalu, saya berkesempatan untuk keliling kota Bangkok mencicipi kuliner-kuliner khas Thailand yang paling terkenal dan banyak peminat. Sejujurnya waktu 2 malam dan 3 hari menurut saya amat sangat tidak cukup untuk menjelajahi kota Bangkok dan dunia kuliner Thailand, masih banyak sekali yang ingin saya coba dan eksplorasi, terutama kuliner "street food" nya. Semoga masih ada kesempatan untuk kembali ke Thailand lagi dalam waktu dekat. Amiiin.

Demikian beberapa kuliner Thailand yang sudah saya coba.

1. Som Tum

Salad pepaya muda khas thailand ini segar sekali rasanya. Menggunakan pepaya yang masih mengkal, diiris tipis lalu dicampur dengan bumbu yang dominan dengan rasa asam pedas. Hidangan ini memang menggunakan tamarin atau asam sebagai salah satu bahan pembuatannya. Biasanya dicampur dengan kacang panjang dan beberapa jenis sayuran lain dan diberi taburan kacang tanah yang disangrai. Perpaduan antara asam, pedas manis dari gula palm dan sedikit gurih dari kecap ikan bikin mata jadi melek banget! Saya menikmati salad pepaya ini di sebuah restoran yang cukup terkenal di Bangkok, namanya Kalpapruek.

2. Tom Yum Goong



Siapa yang tidak kenal Tom Yum? Sup dengan rasa khas Thailand yang pedas dan asam ini benar-benar memikat pecinta spicy food. Harumnya yang dominan dari aroma sereh, daun jeruk dan daun ketumbar, ditambah dengan bumbu2 lain yang membuat kita bisa lupa daratan. Nah tom yum ini juga ada beberapa jenis, yang ada di foto ini adalah Tom Yum Goong, yang menggunakan udang. Biasanya isinya dicampur juga dengan berbagai jamur. Tom Yum Goong dari Somboon Seafood, yang terletak di Central Embassy Mall ini benar-benar pas di lidah. Kalo mau lebih pedas, sudah tersedia sambal dan bubuk cabe. Mantap sekali!

3. Tom Yum Thaley


Tom Yum Thaley merupakan tom yum yang isinya gabungan dari berbagai jenis seafood. Ada udang, lobster, cumi, kerang, dan ada telur setengah matangnya. Seperti yang kita lihat pada foto, mangkoknya luar biasa besar. 1 porsi Tom Yum Thaley dari Pe' Aor berlokasi di Phetchaburi 5 ini bisa dinikmati oleh 3-4 orang sekaligus. Selain seafood, di dalamnya juga ada mie beras dan jamur. Jadi 1 mangkok sudah penuh gizi deh ya...rasanya? Enakkk pake bangettttt. Kuahnya yang spicy passss di lidah. Saya merasa gak puas-puas nyeruput kuahnya yang nikmat itu. Harum daun ketumbar juga mendominasi dari Tom Yum Thaley ini. Saya sampai kepikiran pengen ngebungkus kuahnya buat dibawa pulang ke Indonesia, tapi sayangnya gak bisa. Hehehehe. Tantangan buat saya, harus membuat Tom Yum yang seenak di Pe' Aor. 

4. Fried Curry Crab


Pecinta kepiting harus coba ini! Biasanya saya gak terlalu bisa menikmati hidangan kari, tetapi yang ini karinya ringan dan tidak terlalu eneg. Rasanya pas di lidah. Apalagi kepitingnya juga segar sehingga dagingnya lembut dan manis. 


5. Mango Sticky Rice



Naaaah yang ini salah satu makanan khas Thailand yang harus kamu coba. Dulu banget saya menganggap ketan dan mangga itu perpaduan yang aneh dan gak nyambung. Itu duluuuu sebelum saya akhirnya penasaran dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Ternyata, beras ketan yang dikukus dengan santan, disajikan dengan potongan mangga, saus santan dan taburan wijen itu enak bangettt! Foto ini saya ambil di tempat yg menjual ketan mangga paling hitsss di Bangkok, yaitu Mango Tango di Siam Square. Orang Indonesia yang berkunjung ke Thailand biasanya pasti mampir ke Mango Tango. Kalau di Mango Tango, ketan mangganya disajikan dengan taburan kacang hijau kupas kulit yang digoreng. Kalau saya bikin sendiri di rumah taburannya wijen. Sama enaknya :D


6. Coconut Ice Cream. 


Hidangan pencuci mulut yang satu ini sebenernya orang Indonesia pasti cukup familiar dengan rasanya. Karena 11-12 sama es puter, hanya beda sedikit di penyajian dan toppingnya aja. Coconut ice cream seharga 60 baht ini saya makan di atas perahu pasar terapung Dumnoen Saduak. Manisnya passs, ada taburan kacang tanah sangrai dan ketan kukus warna warni. Sensasi makan coconut ice cream di dalam perahu yang kerap kali bertabrakan satu dengan yang lainnya itu yang gak bisa dilupakan. Seruuu!

Teman-teman, ini hanya sebagian dari kuliner Thailand yang wajib kamu coba. Masih banyak lagi yang gak kalah menarik dan enak yang belum sempat saya coba. Bener2 ngarep supaya bisa icip-icip kuliner Thailand lagi nih. Wish me luck ya! 

3 comments:

  1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di 🐣PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL🐣

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Delete