Tuesday, February 18, 2014

Sup Ayam Tauge Tahu



Yang ini saya yakin para mommies pasti pernah buat. Menu simpel banget tp jadi andalan di rumah. Anak2 suka banget!!! Sampe anak pertama saya yang anti tauge bisa makan lho, termasuk taugenya juga. Hihihih, tp diselip2in tentunya :D 

Apa sih istimewanya sup ini? Kalo menurut saya, krn simpelnya dan isinya yg komplit. Udah ada protein hewani dari ayam, protein nabati dari tahu. Dan saya pake 3 warna sayur. Orens dari wortel, putih tauge dan hijau dari daun bawang dan seledri. Biasanya sih, sup ini tidak menggunakan wortel, tp krn saya pengennya lbh berwarna dan sehat, dikasih wortel malah lbh enak lho.

Yang perlu diperhatikan dalam memasak sup ini adalah saat membuat kaldu. Biasanya saya menaruh setangkai seledri saat membuat kaldu, dan menggunakan api keciiiil sampe sktr 45mnt-1jam. Hasilnya nanti kaldunya wangi tenan!

Demikian resepnya ya :)


Untuk kaldu :
6 potong ayam (saya pakai paha atas dan bawah), lumuri dengan air heruk nipis lalu dicuci bersih
1 tangkai seledri
1,5 L air

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
5 siung bawang putih
garam dan lada (sesuai selera)
2 sendok makan minyak goreng

Isi : 
4 buah wortel (saya pake wortel lokal), potong2
1 buah tahu putih, potong dadu sktr 2x2cm, goreng hingga berkulit
segenggam tauge (atau sesuai selera)
3 helai daun bawang, iris2
1 tangkai seledri, iris halus

Untuk taburan :
3 siung bawang putih, iris halus dan goreng hingga kecoklatan. sisihkan 

Cara :
1. Rebus ayam yang sudah dibersihkan, dengan api sedang. Setelah mendidih, masukkan seledri (tidak perlu diiris). Kecilkan api, masak hingga kaldu menjadi wangi, kurang lebih 45 mnt-1jam. Buang lemak2 yg mengambang di permukaan dengan menggunakan sendok sayur atau saringan halus. Besarkan kembali api.
2. Tumis hingga wangi bumbu halus, masukkan ke dalam kaldu
3. masukkan tahu yang sudah digoreng dan wortel, lalu setelah agak empuk masukan tauge.
Matikan api, masukkan irisan daun bawang+seledri dan bawang putih goreng



6 comments:

  1. seger bangetttt mbk,saya juga sering buat....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, dan wanginya itu lhooo. Simpel tp enakkk

      Delete
  2. Tambah bawang bombay makin sedepppp mbak.Andalan juga,tp gak pernah cemplungin toge euy* Salam kenal dari Ridha di Balikpapan mbak Eliza.^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt, kalo pas ada biasa aku pakein bawang bombay juga :D salam kenal jg mba Ridha :)

      Delete