Wednesday, March 6, 2013

Peanut butter cookies







Saya lg pengen makan peanut butter cookies, cuman bingung bikinnya gmn...hahahah, klasik bgt,males nyari2 resep :p. Akhirnya dengan modal nekad coba2 bikin. Alhamdulillah jadi juga, walaupun cerita dibalik itu seruuuuuw bgt.

Jadi hari itu, si papa harus pergi ngantor pagi2 (sabtu2 lembur :( ). Padahal niat bikin kukis sdh membara di dada. Karena takut semangat mendadak surut, bela2in tetep buat walopun hari itu adalah hari sibuk sedunia *halah*, gmn ngga sibuk, pas wiken, ada 2 pria kecil yg gak berenti2 bikin rusuh, dan minta makan :D. Jadi pagi itu, saya siapin sarapan dulu untuk anak2. Setelah kenyang, mereka main membubarkan isi rumah *saya=nangis*. Saya biarin aja yg penting mereka gak ganggu aktifitas di dapur. Saya mulai menyiapkan bahan satu-persatu.   Tepung saya taroh di meja makan, sudah saya tumpahin juga sebagian ke dalam cup takar, saya taruh di meja tempat saya mengolah adonan nanti. Trus saya ambil gula dan selai kacang. Pas nengok, hadoooooh si adek udah berdiri di kursi makan, daaaaaaaannnnnn, 1cup terigu udah pindah ke piring makan saya (yg udah ada  isinya). Alamaaaaak, terpaksa nasi sepiring dan terigu pindah tempat ke tempat sampah.

Setelah itu saya "sogok" anak2 dgn yoghurt, anteng. Sayapun bekerja dengan tenang. Yoghurt habis (masing2 2 cup sekali makan *bangkruts*),adek mulai gelisah dan keluar masuk dapur, pengen ikutan jg bikin kue. Dan manjat2 lg ke kursi. Tau2, 1gelas isi gula jatoh dan pecah, hiyyyyyyyaaaaaaaaa. Terpaksa di paused lg proses bikin kukisnya, beberes dulu,krn takut ada serpihan beling yg bertebaran di dapur :)) Apa boleh buat, keluar lg sogokan kedua, es loli! Sehari sebelumnya saya membuat jus jeruk dan guava yg saya jadikan es loli. Yaaak, keluar sogokan lagiiiiii. Lanjuuuut bikin kukis :D

Ini juga cuma bertahan bbrp jenak *pada cpt amat yaks makannya*, waktu masuk tahap mixer,adek udah nongol lagi di dapur, cengir2 tebar pesona (tau bgt kalo sang emak plg gak kuat disenyumin kyk gitu). Terpaksa sodorin mixer, kasih kesempatan junior chef juga. Seneng bukan kepalang dia,senyuuuuum terus sambil megang mixer, biar adonan nyiprat2 juga *sigh*.Setelah itu adonan dikulkasin dulu barang 1-2jam. In the meantime,saya ajak d krucils mandi, dan setelah itu saya jg mandi, hihihihi. Baru men-scoop dan panggang2 kukis. 
Sekian curcol ttg pembuatan kukis ini. Terimakasih :p

Berikut resepnya ya, terinpirasi dari Betty Crocker's peanut butter cookies :

3/4 cup gula pasir
3/4 cup gula palem
1 cup peanut butter (saya pake yg chunky)
1/2 cup butter (saya pakai unsalted)
1 telur ukuran besar
1 kuning telur
2 1/2 cup tepung
1 sdt baking soda
3/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
Choco chips sesuai selera (saya pakai yg dark dan white choco chips)

instruction:
1. Campur gula, peanut butter, dan butter, mixer denga kecepatan sedang sampai rata (kurleb 1-2mnt)
2. Masukkan telur 1 persatu, mixer kecepatan rendah.
3. Masukkan tepung yg sdh dicampur rata dengan bp,bs dan garam, aduk rata.
4. Masukkan choco chips, diaduk rata
5. Bungkus adonan dgn cling wrap, lalu dikulkas-kan.
6. Panaskan oven, cetak adonan dgn menggunakan scoop eskrim.
7. Panggang sktr 12-15mnt.

Mengenai rasa, buat penggemar peanut butter, enak. walaupun rasa peanut butternya agak ketelan sama butter,gula dan choco chip. xiiixixixixi





No comments:

Post a Comment