Saturday, March 9, 2013

orange cupcake,with fresh hand-squeeze orange





Suatu hari,si imut Bayu request minta dibuatin cupcake! wooooowwww, prestasi nih, dia biasanya gak doyan yg gini2. Apalagi kali ini yg di request adalah cupcake yg sangat spesifik. Rasa jeruk! Saya browsing2 cari resep krn semangat juga, si picky eater tiba2 request yg aneh2 :D Walopun campur ragu2, takut udah capek2 bikin trus ditolak sama yg minta buatin. Tp pikir2, kalo Bayu ngga mau, bisa adek dan saya+hubby yg habisin. Jadi ya udah dibuatin juga.

Resep asli saya dapat dari sini, dengan perbaikan versi selera saya tentunya.

Berikut resep yg sudah saya terjemahkan, silahkan dicoba :)

1 ¾ cup terigu
1 cup sugar (saya pakai 2/3cup)
½ sdt salt
2 ½ sdt baking powder (saya pakai 1 1/2sdt)
2 telur ukuran besar, pisahkan kuning dan putihnya. Putihnya dimixer sampai kaku
1 sdt vanilla esens 
½ cup orange juice (saya pakai hampir 3/4 cup, dari 2 buah jeruk navel)
100g butter

1. Panaskan oven
2. Campur tepung, garam dan baking powder. Sisishkan
3. Campur kuning telur, gula, vanilla dan butter. Mixer sampai lembut, masukkan orange juice, perlahan2. Mixer sampai rata.
4. Masukkan adonan tepung dan dimixer hingga tercampur benar
5. Aduk dengan spatula putih telur yg sudah dikocok kaku
6. Masukkan adonan ke papercup/cetakan muffin
7. Panggang sktr 20mnt,sampai tes tusuk sdh tidak ada yg nempel



Untuk frosting, karena dirumah tidak ada yg suka buttercream, saya gunakan whippiecream bubuk dan dihias dgn potongan buah jeruk.

Overall, cupcake ini enak dan lembut, mungkin krn putih telurnya yg dikocok terpisah. Satu kurangnya, walaupun sdh saya tambah takaran juice-nya, rasa orange kurang nendang, hehehe. Harusnya saya tambahkan sktr 1sdm orange zest supaya jadi lbh wangiii jeruk.

Tp alhamdulillah yg request doyan lhooooooo *joged2*. Buat saya PR bgt soalnya mbuatin Bayu makanan yg dia suka. Kalo adek Satria sih gak usah ditanya, xixixixixi, dia dikasih apa aja cenderung mau2 aja :D apalagi yg manis2 enak gini.


No comments:

Post a Comment