Sunday, November 20, 2016

Jamuan Samudra, Restoran Seafood Enak di Jakarta Selatan



Yang suka seafood coba angkat tangannyaaaa......!

Saya yakiiiin banget pasti banyak nih yg angkat tangan. Kita semua tau, Indonesia merupakan negara maritim penghasil seafood. Dan selain seafood, tau juga kan kalo dulu kita dijajah karena kekayaan rempah-rempah? Sampai ada sebutan "spice trail", karena negri kita menjadi jalur perdagangan rempah kelas dunia.




Naaaah sebelum saya cerita lebih lanjut tentang hubungan antara seafood dan rempah2, saya mau tanya dulu. Apa sih pertimbangan kamu dalam memilih tempat makan seafood? Apakah karena bahan yg fresh, pilihan menu yang beragam, bumbu yg mantap, tempat yang nyaman, atau adakah alasan lainnya? Kalo saya nih emang rada rewel urusan tempat makan. Syaratnya banyak, pertama, makanan harus tasty dan berasa bumbunya. Kalo yg bland gitu saya biasanya langsung ilfeel. Kedua, harganya berbanding lurus dengan rasa dan kualitas, hmmmm kalo rasa gitu-gitu aja terus ternyata pricey, males kaaan? Trus syarat berikutnya adalah tempatnya yang nyaman, lebih ok lagi kalo yang instagenic, hehe. 




Jadi minggu lalu ketika saya diundang ke Jamuan Samudra, saya bertanya2, kira2 seperti apa tempatnya? Semoga sesuai harapan. Susah dicari ngga ya? 
Ternyata posisi Jamuan Samudra ini strategis dan mudah banget dicari. Kalau biasanya tempat makan seafood itu di Jakarta Utara. Naaah Jamuan Samudra tempatnya di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, persis di depan SMK 6. Gampang kan? Alternatif buat para seafood lovers untuk makan di restoran seafood enak di Jakarta Selatan. Saya kesitu mengandalkan waze dan gak menemukan kesulitan sama sekali. 



First impressionnya, homey banget. Kamu bisa liat di foto-foto yang saya ambil. Deretan kursi-kursi dan meja kayu yang bentuknya mirip2 kursi makan di rumah kita, hiasan dinding yang berbau tradisional, dan sentuhan motif batik. Nyaman dan adem diliatnya. Sepertinya interiornya sengaja dibuat seperti rumah seseorang, supaya semua tamu yang datang merasa betah dan welcome. Ruangan juga cukup spacious, bisa memuat hingga 150 orang. Disertai 2 ruang private yang bisa berfungsi sebagai ruang meeting. Buat kamu2 (dan saya) yang gak bisa jauh dari socmed, jangan khawatir, wifi tersedia kok  👌🏽


Chef Sururi dan Selamet
Selain perkenalan dengan perwakilan dari Jamuan Samudra, kami juga diperkenalkan ke Chef Sururi, pengalaman beliau yang sudah lebih dari 14 tahun memasak hidangan laut ini menghasilkan menu-menu yang unik dan mouthwatering. Kepiawaian beliau dalam memadukan rempah-rempah membuat masakannya disukai oleh banyak selebritas, termasuk Pak Jokowi. Jadi kalau kita bicara mengenai rasa, seafood Jamuan Samudra ini, megaaang banget enaknya. Acara kemarin juga dilengkapi dengan sharing dari mas Bayu Epicurina dengan tema "Perkembangan rempah-rempah dan hidangan laut Indonesia".

Sekarang waktunya kita icip2 makanannya. Kami mencoba beberapa jenis nih. Ada kepiting asap, kepiting lada hitam, udang bakar, cumi telur asin dan ada tumis daun dewa.

Enjoy the pictures!




Ini dia kepiting asap yg kabarnya disukai sama Pak Jokowi. Kepitingnya merupakan jenis Kepiting Bakau (scyla serrata) yang dibudi dayakan di Papua. Dagingnya benar-benar lembut dan gurih. Menu ini juga mengikuti standar Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, terkait dengan ukuran berat yang boleh diperjualbelikan. So sustainable 😉. Bumbu kepiting asap ini amat meresap dan benar2 full of spices.



Yang ini namanya Bawal Bintang Bakar Bumbu Kuning, ikannya berasal dari budidaya laut kepulauan Batam dan Riau dan dimasak dengan 32 jenis rempah! Selama dibakar, ikan dioles dengan campuran 32 rempah tersebut sebanyak minimal 8 kali, supaya rasa benar2 meresap.

Kepiting lada hitam




sayur daun dewa

Hidangan lainnya juga tidak kalah nikmatnya. Susah dijelaskan dengan kata2, kamu harus coba sendiri deh. Naaah karena udah makan berbagai jenis hidangan laut, jangan lupa makan sayuuuur. Kemarin kami nyoba Sayur Daun Dewa, yang dipercaya bisa mengobati rematik, stroke dll. Rasanya juga enak dan tidak overcooked 👌🏽


Jadi buat yang bingung nyari tempat makan enak di Jakarta Selatan, udah tau dooong mau kemana? Yuuuk kita ke Jamuan Samudra 😋

Acara ini terselenggara atas kerjasama Jamuan Samudra dan Indoblognet - MB Communication.


JAMUAN SAMUDRA
Jl. Prof Joko Sutono, No 21
Petogogan, Jakarta Selatan 

3 comments:

  1. Saya juga termasuk penggemar seafood kelas berat. Asal berbahan seafood dimasak apa saja boleh. Melihat foto-foto sajian seafood dari jamuan Samudra membuat saya lapar bukan kepalang :)

    ReplyDelete
  2. sangat Indonesia dan menggugah selera ya mba. salam kenal, baru pertama kali main kesini

    ReplyDelete