Tuesday, August 6, 2013

Snow coffee almond cookie




hihihihi judulnya panjang nian :d sebenernya judul aslinya snow coffee cookie aja, tp karena resepnya saya modifikasi jadi saya tambahin dikit deh ya.

Cookie ini dibuat untuk edisi ngebut bikin kukis lebaran. Tp lagi2 gak mau yang pasaran. Nah kebetulan nemu resep dari buku Yasa Boga, "Cookies fun and tasty treats" yang dulu saya bli pas diskon di books and beyond cuma 11rb sajah (maklum modis, denger diskon langsung gatel deh :P). Resep ini menggunakan kacang mede cacah sebagai campuran, tp karena saya gak punya, jadi saya ganti dengan almond aja. Saya pake almond flake yang saya panggang dulu sktr 10mnt lalu diblender tak terlalu halus, supaya pas digigit ada nutty flavour-nya :D


the ingredients : 
- 300gr butter
- 180 gr castor sugar (saya pake gula putih biasa yang diblender)
- 1 1/2 sdm bubuk kopi instan (saya pake 2 sdm nescafe gold, biar lebih terasa kopinya :D), yang dicairkan dengan 1 sdm air panas
- 1 sdt vanilla extract (gak pake, kelupaan, hiyahahahah)
- 1/2 sdt garam
- 450gr terigu all purpose
- 1/2 sdt baking soda
- 120gr almond flake, panggang 10mnt, hancurkan dengan blender
- kurleb 200 gr gula halus untuk taburan


cara pembuatan :
1. Panaskan oven suhu 130 dercel (kira2 aja yaaa, otang jadul tanpa termometer neh :P)
2. Dengan mixer, campur butter, gula dan larutan kopi hingga lembut dan fluffy. Masukkan bahan kering (tepung dan baking soda, saya sambil diayak diatas bowl butter)
3. Tambahkan almond flake yg sudah diblender. Aduk rata dengan sendok kayu atau spatula (saya : pake tangan :D)
4. Dibulat2kan sesuai selera, lalu tekan permukaannya dengan garpu
5. Panggang sekitar 20-30 mnt, dinginkan dan ditabur gula halus (saya : taroh gula halus dalam kantong zip lock, masukkan kukis, kocok2 dikit :D)



Hasilnya ternyata kukis ini crunchy, ada kriyuk2 dikit tiap gigit almond flake-nya. Wangi kopi dan almond berbaur enaaak. Ngga apple to apple kalo bandingin kukis ini dengan snow white biasa, terutama yg buatan mama saya tercinta yang pas digigit, kresss dan rasanya kayak lumer di mulut. Kapan2 akan saya ulas disini untuk resep itu, krn itu resep  super jadoel tp uwendaaaaang, so far blom nemu yg ngalahin resep itu :D


Kukis ini enak untuk variasi kue lebaran or buat penggemar kopi :)



1 comment:

  1. Mbak nanya dong...Almond nya bisa diganti kacang ga mbak? Kalo bisa efeknya jadi apa yah..?

    ReplyDelete