Saturday, May 5, 2018

3 Hidangan Pencuci Mulut Ala Kafe Dengan Skippy Peanut Butter

Brownie cup dan Es krim Skippy, yummmmyyyy!

Buatku, selain masalah pengaturan menu sehari2, urusan cemilan atau dessert juga 
lumayan bikin pusing. Apalagi kedua anak laki-laki ku suka banget ngemil. Tapi berhubung aku ibu2 yg concern banget sama urusan gizi buat anak2, suka gak rela ajah kalo cemilannya hasil beli di supermarket atau di tempat lain. Kan kita ngga tau apakah bahan2 yang dipakai aman, bagaimana higinitasnya, dan lain sebagainya. Sesekali aja gak apa2, tp gak boleh terlalu sering nyemil jajanan dari luar. Jadi, walopun sibuk banget ngurus ini itu, masih tetep menyempatkan diri juga untuk nguplek bikin cemilan. 



Nahhh, kali ini aku pengen cerita dikit tentang Skippy. Walaupun sekarang sudah ada Skippy yang coklat, aku tetep cinta banget sama Skippy yang Chunky Peanut Butter. Karena kebetulan aku suka baking, selai kacang Skippy ini salah satu bahan favoritku untuk diolah menjadi berbagai bentuk camilan. Di rumah kami hampir selalu ada stok Skippy Peanut Butter, seringnya sih yg chunky...menurut kami enak bangetsssssss apalagi ada chunks kacang2nya itu lho...yummmmmyyyy. Anakku yg kecil malah sering nyemilin Skippy begitu aja gak pake apa2. Tau2 satu jar udah hampir abis sama dia doang, hahahahhaha. Untung gak dicolek pake tangan terus langsung dijilat2 . Aku biarin aja, karena Skippy kaya nutrisi, termasuk omega 6, vitamin, mineral, dan juga merupakan sumber protein yang layak. Yang bikin hepi lagi, Skippy itu zero kolesterol lho. Makin cinta kaaan.




Ini beberapa jenis cemilan yg kubuat pake bahan2 yang ada di rumah, simpel2 kok. Walaupun simpel, tapi kliatannya kayak makanan kafe kan? Ge er banget yaaah, hihihihi. Namanya juga usaha. Beneran ini bahan2nya sederhana banget dan hampir selalu ada di lemari dapur rumahku. Percaya ngga, dengan bahan2 yang sama kayak di foto atas ini, aku bisa buat berbagai jenis cemilan, dan kujamin semuanya gampang! Anak2ku malah ikutan bantuin, walaupun cowok2 mereka seneng bantuin di dapur. Waktu awal2 dulu sih mereka banyakkan bikin berantakannya daripada bantuin, hahahaah. Tp sekarang udah jauuuh lebih teratur, pun berantakan, aku rela karena mereka jadi belajar...abis bikin berantakan terus mereka harus bantu beresin :D. Dan bonusnya lagi mereka menikmati banget makanan yang mereka buat. Jadi gak hanya tinggal makan aja, mereka menjalani proses pembuatannya juga. 

Urusan cemilan, anak2 itu apa2 aja yg ada coklatnya udah pasti mau. Apalagi dikasih Skippy, keduanya saling melengkapi. Coklat yang manis dengan Skippy yang gurih, juara banget deh perpaduannya! Jadi rasa yg dihasilkan seimbang, gak manisss banget...tp ada sentuhan gurih yang gak bikin eneg. So, this is how I enjoy my Skippy peanut butter!

Yang pertama aku bikin super-easy Skippy Ice cream. Hanya dengan beberapa bahan aja, kita udah bisa nikmati es krim rasa selai kacang yg juaraaaaaa banget! Justru karena ada Skippy nya, eskrim yang kubuat kali ini teksturnya jadi lebih chewy, persissss kayak gelato. Beneran enak banget, harus dicoba nih! Bikinnya juga super gampang.




SKIPPY ICE CREAM

Bahan2:
200 gr whippie cream bubuk
400 ml air dingin
125 gr Skippy (aku pake yg chunky, boleh jg pake yg creamy)
Lebih kurang 80-100 ml susu kental manis 
Chocolate chips, secukupnya

Cara membuat :
1. Dengan menggunakan mangkok besar, tuang bubuk whippie dan masukkan air dingin. 
2. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku, masukkan Skippy peanut butter dan susu kental manis. Mixer lagi sampai rata
3.  Masukan chocolate chips, aduk dengan spatula. Tuang ke wadah, bekukan.


Lalu, kebetulan anak yg gede saat ini lagi UN, dan minta dibuatin brownies. Kupikir kali ini sekalian aja browniesnya dikasih Skippy dan dibuat versi cup supaya gak perlu dipotong2. Dan jadinya cocok banget kan brownie cup isi Skippy ini dinikmati bareng Eskrim Skippy. Double laffffff . Sekalian aku buat video nya juga nih, jadi buat yang belom pernah bikin brownies, liat resep jg masih tetap bingung, boleh diliat caranya yaaa, semoga membantu. Karena brownies yg permukaannya mengkilap dan cracking itu ada tehniknya. Nanti dibaca baik2 resepnya ya.





Brownies kali ini aku buat menggunakan tepung gluten free, karena memang keluarga kami saat ini lagi mengurangi konsumsi gluten, demi kesehatan paripurna :D . Tekstur tepung gluten free yg kali ini kupilih, yaitu tepung mocaf, lebih chewy daripada tepung terigu. Kalo misalnya gak punya tepung mocaf, atau tidak sedang mengurangi konsumsi terigu, monggo aja tepung mocaf nya diganti dengan terigu protein sedang, ditambah kira2 10 gram dari takaran tepung mocaf. 


BROWNIE CUP WITH SKIPPY FILLING

Bahan2:
65gr tepung mocaf
150 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
100 gr unsalted butter, suhu ruang
175 gr gulpas halus (gula pasir yg diblender sebentar)
25 gr coklat bubuk
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdt pasta vanilla

Cara membuat:
1. Lelehakan dark cooking chocolate dan butter (aku menggunakan microwave di pilihan defrost). Setelah meleleh, aduk hingga rata dan sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai gula benar2 larut. Bisa menggunakan balloon whisker (seperti yang di video) atau mixer dengan kecepatan rendah selama lebih kurang 5 menit. Penting sekali untuk membuat gula larut, karena shiny crust di permukaan brownie adalah efek dari pengocokkan ini.
3. Masukkan lelehan coklat, butter, dan pasta vanilla. Aduk hingga merata. Campurkan tepung, coklat bubuk, garam dan baking powder. Lalu masukkan ke adonan cair sambil diayak. Aduk asal rata. Kalau menggunakan terigu, jangan terlalu lama mengaduk krn nanti jadi bantat dan alot brownienya. 




Udah ada eskrim dan brownie, cocok banget kan kalo ditambah hot chocolate. Dan lagi2 aku pake bahan yang itu-itu juga. Heheheh. Bahan yg sama masih bisa dibikin bermacam kreasi lho, tinggal kita pinter2 aja puter otak supaya menghasilkan berbagai jenis makanan dari bahan yang ada. Kalo biasanya bikin hot chocolate bahan dasarnya coklat, kali ini aku tambahkan Skippy. Jadi rasanya nyoklat plus ada hints rasa nutty nya. Kalo gak inget ada anak2 yang nungguin pengen minum, pengennya kuhabisin sendiri hot choco nya. Cobain yah, sungguhan enak banget ini, gak bohong :D

SKIPPY HOT CHOCO

Bahan2:
100 gr dark cooking chocolate
2 sdm coklat bubuk
500 ml susu plain
4 sdm gula pasir
2 sdm skippy

Pelengkap : 
Marshmallow
Saus coklat
Saus kacang : Skippy creamy yang dicairkan dengan air panas secukupnya.

Cara membuat:
1.  Di panci, letakkan potongan coklat dan lelehkan dengan api kecil sambil diaduk2. 
2.  Setelah hampir semua meleleh, masukkan susu, gula, bubuk coklat dan saus coklat. Aduk2 sampai semua bahan larut.
3.  Matikan api ketika pinggiran panci mulai berbuih sedikit.
4. Tuang ke gelas, taburi dengan marshmallow, lalu beri saus coklat dan saus kacang. Siap dinikmati.


Gimana buibu? Cukup bikin cegluk ngga? Jangan cuman diliatin ya, dibikin yukkkk, semuanya resep simpel dan gampang. Yang bikin istimewa itu Skippy nya, dan tentu saja karena bikinnya pake cinta *tsaaaah*. Yang pasti, anak2ku suka semuanya. Bukan cuman anak2, aku juga nyobain semua dong, hahahaha. Cemilan sebanyak ini 2 hari juga udah lenyap, nanti kita pikirkan lagi mau bikin apa dengan sisa bahan yang ada. Stay creative, stay healthy, with love from my messy kitchen.

Untuk informasi lengkap mengenai produk Skippy, silahkan cek website dan media sosial nya :


http://www.peanutbutter.id/

http://www.peanutbutter.com/



https://www.facebook.com/pg/SKIPPYIndonesia

https://www.instagram.com/skippybrand

https://twitter.com/skippy

https://id.pinterest.com/skippybrand/



Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.





1 comment:

  1. Syantiekkk bangeeet fotonyaaaa... bikin ngiler :P

    ReplyDelete